Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Indramayu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Jamin Barito Selatan Bebas Vaksin Palsu

  • Oleh Uriutu
  • 29 Juni 2016 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Dinas Kabupaten Barito Selatan (Dinkes Barsel), menjamin wilayahnya bebas dari peredaran vaksin palsu. Karena itu, masyarakat tidak perlu terpengaruh oleh maraknya pemberitaan vaksin palsu yang laporkan beredar sejak 2003 di sejumlah wilayah di Tanah Air. 

'Saya jamin bahwa di Barsel tidak ada vaksin palsu yang beredar. Karena sejauh ini juga tidak ada laporan terkait vaksin palsu tersebut,' kata Kepala Dinas Kesehatan Barsel, Daryomo Sukiastono kepada Borneonews di ruang kerjanya. Rabu (29/6/2016).  

Kepala Dinas Kesehatan Barsel, Daryomo Sukiastono mengatakan, kenapa dirinya berani menjamin bahwa Barsel bebas dari vaksin palsu tersebut Ya karena jalur ditribusi vaksin maupun obat-obatan ke Barito Selatan sangat jelas termasuk distributornya.

'Vaksin dan obat kita jalurnya dari Kemenkes, Dinkes provinsi, Dinkes kabupaten dan selanjutnya disalurkan ke Puskesmas. Jadi itu jalurnya jelas,' kata Kepala Dinas Kesehatan Barsel, Daryomo Sukiastono. 

 Ia menambahkan, untuk distributor vaksin yang ada di barsel sudah memiliki lisensi resmi. Dengan begitu sampai saat ini vaksin palsu belum pernah masuk kedaerah ini.

Menurutnya, vaksin palsu ini untuk kalteng kemungkinan masih belum sampai. Vaksin-vaksin tersebut hanya beredar dipulau jawa. Namun bisa saja ada yang sudah masuk.

'Untuk itu saya meminta kepada rekan rekan semua untuk memeriksa dengan rinci setiap vaksin. Karena ketelitian tersebut salah satu upaya untuk mengetahui dan mengahalangi peredaraan vaksin palsu,' ucapnya. (URIUTU DJAPER/N).

Berita Terbaru