Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Siswa Baru di SMKN 1 Sampit Jalani Tes Urine

  • Oleh Rafiuddin
  • 29 Juni 2016 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Kotim - Ratusan siswa baru di SMK Negeri 1 Sampit, Kotawaringin Timur menjalani tes urine untuk mengetahui mereka benar-benar bebas narkoba. Pemeriksaan dilakukan kepada siswa yang sudah dinyatakan lulus administrasi dalam seleksi penerimaan siswa baru di SMK Negeri 1 Sampit. Jika ternyata ada yang positif menggunakan narkoba, dipastikan akan digugurkan.

'Kenapa kami wajibkan semua siswa menjalani tes urine, karena kami ingin memastikan yang masuk ke sekolah ini memiliki kualitas bagus dan tidak terlibat narkoba. Kalau positif menggunakan narkoba, akan dinyatakan tidak lulus atau gugur. Itu syarat mutlak,' kata Koordinator UKS dan PMR SMKN 1 Sampit, Jestari Purnawati Jewung di sela meninjau proses tes urine di sekolah itu, Rabu (29/6/2016).

Sejauh ini tidak ada peserta yang mengundurkan diri setelah mengetahui diadakan tes urine. Sejak awal panitia memang sudah memberitahukan kepada peserta, tes urine merupakan syarat mutlak dalam seleksi siswa baru.

Untuk melaksanakan pemeriksaan urine ini, SMKN 1 Sampit menggandeng Laboratorium Kesehatan Daerah Kotawaringin Timur. Ada lima petugas kesehatan yang diturunkan, dibantu anggota Usaha Kesehatan Sekolah setempat.

'Pemeriksaan urine ini dilakukan dua hari karena pesertanya cukup banyak. Tidak hanya pemeriksaan kandungan narkotika, tetapi juga obat-obatan. Nanti hasilnya disampaikan kepada sekolah sebagai bahan pertimbangan,' katanya.

Jestari yang juga mengajar Bahasa Inggris itu menambahkan, SMKN 1 Sampit memiliki lima jurusan yakni Perkantoran, Akuntantasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia dan Pemasaran. Sekolah ini bertekad untuk turut memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Andrianur, salah seorang peserta merespons positif tes urine tersebut. Dia menilai syarat itu cukup wajar diberlakukan pihak sekolah. 'Sejak awal sudah diberitahu jadi sudah siap. Saya optimistis karena memang tidak mengonsumsi narkoba,' katanya. (RAFIUDIN/N).

Berita Terbaru