Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bontang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peserta BPJS Kesehatan dapat Pelayanan Prioritas Selama Arus Mudik

  • Oleh Rafiuddin
  • 29 Juni 2016 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Kotim - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sampit menerapkan kebijakan khusus selama arus mudik lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah, hingga arus balik. BPJS Sampit mempermudah proses pelayanan bagi pemudik Lebaran 2016 dari panjang dan berbelit, menjadi lebih ringkas.

'Kebijakan pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku dari H-7 sampai dengan H+7 Lebaran,' kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit, Atulyadi saat konferensi pers di kantornya, di Sampit, Rabu (29/6/2016).

Pada kesempatan itu, selain Kepala BPJS Kesehatan Sampit, hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Kotim, Faisal Novendra Cahyanto dan juga Direktur RSUD dr Murjani Sampit, Deny Muda Perdana yang juga memberikan paparan komitmen pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS selama lebaran. Baik pada arus mudik hingga arus balik lebaran nanti.

Menurut Atulyadi, kemudahan itu di antaranya peserta yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS setempat. Selain kemudahan itu, dia mengatakan prosedur peserta BPJS Kesehatan dapat langsung mengunjungi Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit terdekat yang ditunjuk oleh kantor cabang.

Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta BPJS Kesehatan yang sakit atau celaka saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan mudik, tidak harus melapor ke kantor Cabang BPJS setempat. Atau juga mengunjungi fasilitas yang disediakan sementara.

'Meskipun ada sejumlah kemudahan yang diberikan saat ini, untuk diketahui bahwa pelayanan ini hanya berlaku bagi peserta BPJS Kesehatan yang berstatus aktif,' tegasnya.

Karena itu, katanya kepada peserta yang hendak mudik diminta untuk terlebih dahulu memastikan telah membayar iuran agar status kepesertaanya selalu aktif. Untuk mengecek iuran peserta dapat dilakukan melalui www.bpjs-kesehatan.go.id pada menu cek iuran peserta dapat dilakukan secara mobile.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kotim, Faisal Novendra Cahyanto mengatakan, mulai saat ini hingga H+7 lebaran pelayanan di PuyskesmasPuskesmas yang merupakan jalur mudik akan dilakukan selama 24 jam.

'Saya sudah memerintahkan semua puskesmas yang sudah dikoordinasikan sesuai dengan harapan BPJS. Puskesmas itu  sudah disiapkan untuk memberikan pelayanan emergency maupun non emergency,' kata Faisal.

Diantara Puskesmas yang akan melayani perawatanb IGD selama 24 jam di wilayah Kotim adalah, Puskesmas Cempaka Mulia, Kotabesi, Pundu, Bagendang, Samuda, Sebabi/Telawang, Kuala Kuayan, Tumbang Sangai, Baamang II dan Parenggean I. (RAFIUDIN/N).

Berita Terbaru