Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Kotawaringin Timur Siap Amankan Rumah yang Ditinggal Mudik

  • Oleh M. Rifqi
  • 01 Juli 2016 - 01:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Polres Kotawaringin Timur meminta warga mewaspadai potensi kejahatan dan kebakaran selama perayaan Idul Fitri 1437 H. Seperti warga yang meninggalkan rumah dalam kondisi kosong untuk mudik lebaran.

'Selain mengamankan arus mudik, anggota kepolisian juga siap melakukan pengamanan rumah-rumah warga yang ditinggal mudik pemiliknya,' kata Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Hendra Wirawan, Kamis (30/6/2016).

Polres Kotim telah menyiagakan sebanyak 150 personel yang siap melakukan pengamanan arus mudik lebaran. Anggota kepolisian juga melakukan pengamanan di tempat-temat ibadah, titik-titik rawan kecelakaan lalu lintas, serta di rumah-rumah warga yang ditinggal kosong.

Khusus pengamanan rumah-rumah kosong yang ditinggal mudik, menurut Hendra, pihaknya menitikberatkan kepada upaya patroli keliling terutama pada kawasan yang diniai rawan tindak kejahatan pencurian.

Meskipun demikian, Hendra tetap meminta warga untuk mewaspadai aksi pencurian rumah kosong yang ditinggal penghuninya berlibur ke luar kota atau mudik lebaran.

'Sebagai langkah antisipasi, warga yang hendak meninggalkan rumah untuk berlibur, mudik lebaran atau untuk keperluan lain dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya menitipkan rumahnya kepada RT, keluarga atau tetangga sekitar rumah," katanya.

Warga yang akan bepergian ke luar kota pun juga diminta memastikan rumah yang ditinggalkan dalam keadaan aman, yakni mematikan kompor, mencabut tabung gas, dan juga memeriksa saklar-saklar listrik.

Hendra juga meminta warga yang tidak melakukan mudik dapat bekerjasama menjaga keamanan di lingkungan masing-masing, termasuk dapat membantu mengawasi rumah tetangga yang ditinggal berpergian. (RIFQI/m)

Berita Terbaru