Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Katingan Panen Ikan Sungai

  • Oleh Abdul Gofur
  • 01 Juli 2016 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Warga di sejumlah wilayah di Kabupaten Katingan seiring datangnya musim kemarau tahun ini tengah panen ikan sungai.

Selain memancing, tidak jarang warga juga memasang alat jebak ikan seperti tampirai, renggek, buwu, maupun jenis pangilar.

Menurut penuturan sejumlah warga Kasongan, ikan sungai sejak seminggu lalu mulai mudah didapat seiring debit air Sungai Katingan menyurut.

"Tidak hanya di Sungai Katingan saja, tapi setiap hari terutama pada sore hari banyak warga Kasongan dan sekitarnya mancing ikan di sungai-sungai kecil maupun di danau yang airnya mulai surut, dan hasilnya lumayan banyak," sebut Jani, warga Kelurahan Kasongan Lama, Jumat (1/7/2016).

Selain ikan jenis haruan (gabus) hasil tangkapan dari mancing ini juga ikan jenis kerandang, lele maupun lainnya termasuk papuyu (betok). 

"Rata-rata sekali turun mancing kita dapat sekitar lima kilo ikan paling banyak haruan (gabus)," katanya.

Selain dimasak, ikan hasil memancing ini juga kadang dijual di warung yang menjajakan ikan sungai. "Kemarin kita jual untuk haruan dihargai Rp30 ribu per kilo. Ya, lumayan untuk hiburan setiap sore sambil menunggu bedug berbuka," imbuhnya.

Semenntara itu panen ikan sungai juga terjadi di Desa Talingke Kecamatan Tasik Payawan. Bahkan warga setempat setiap hari bisa mendapatkan puluhan kilogram ikan sungai itu.

"Kita menangkap ikan ini menggunakan alat tangkap jenis buwu dan tampirai. Lokasinya bukan di Sungai Katingan, tapi di Danau Pangatan, sekitar lima kilo dari desa kami masuk ke dalam hutan," sebut Daji, warga Desa Talingke.

Menurutnya, selain dijual basah, ikan berbagai jenis hasil tangkapan ini juga dibuat ikan kering.

"Paling banyak ikan yang kita dapat adalah jenis gabus dan krandang," ucap Daji.

Banyaknya ikan dari desa ini membuat tidak jarang warga daerah lain mendatangi desa tersebut untuk mencari ikan itu, misalnya dari Kereng Pangi, Kasongan, maupun datang dari Palangkaraya.

"Sekarang ini baru musimnya kayaknya, tapi kalau air Sungai Katingan ini terus menyurut maka sebulan kedepan kita masih akan panen ikan ini," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/m)

Berita Terbaru