Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Tengkorak Orangutan Ditemukan di Dusun Tuanan Kapuas

  • Oleh Budi Yulianto
  • 24 Juli 2016 - 14:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tiga tengkorak kepala orangutan ditemukan di Dusun Tuanan, persisnya pinggir Daerah Aliran Sungai (DAS), Kabupaten Kapuas, Jumat (22/7/2016). Tengkorak tersebut pertama kali ditemukan oleh Lana, 47, warga Desa Mangkutub. Temuan itu langsung dilaporkan ke pihak yang berwajib.

"Ketika kita mendapat informasi, Jumat pagi berangkat untuk mengevakuasi. Karena ada kendala, sehingga baru bisa sampai di titik temuan pada hari Sabtu," kata Koordinator Komunikasi dan Edukasi Yayasan BOS Nyaru Menteng Monterado Fridman kepada wartawan di Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo, Jalan Nuri, Palangka Raya, Minggu (24/7/2016).

Dia menuturkan, titik temuan tidak jauh dari Stasiun Penelitian Orangutan Liar yang dikelola BOS Mawas. Persisnya di pinggiran DAS Kapuas.

"Hanya tengkorak kepala saja yang ada. Kondisinya sudah berlumutan dan agak kecil. Tapi dilihat dari struktur giginya, itu orangutan dewasa. Kira-kira usianya 12 tahunan," ungkapnya.

Melihat kondisi itu, dia menduga orangutan mati sejak 4-6 bulan yang lalu. "Tidak jauh dari lokasi atau persisnya sekitar 200 meter, juga ditemukan tengkorak kepala lagi. Kali ini agak besar dan diperkirakan jantan. Kondisi dan perkiraan meninggalnya sama," imbuhnya.

Kemudian, lanjut dia, di DAS Mangkutub (anak dari sungai Kapuas) juga ditemukan tengkorak kepala orangutan. Hanya saja petugas kesulitan mengevakuasi karena kondisi air yang begitu dalam. "Teman-teman tidak berani ambil risiko untuk menyelam. Jadi ditinggalkan. Sekarang dua tengkorak ada di BOS Nyaru Menteng. Besok mau kita otopsi," tuturnya. (BUDI YULIANTO/m)

Berita Terbaru