Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Balai Adat Jabiren Mulai Dilaksanakan

  • Oleh James Donny
  • 24 Juli 2016 - 18:45 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pembangunan Balai Adat Jabiren mulai dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau. Pembangunan ditandai dengan perletakan batu pertama pembangunan balai tersebut oleh Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo, di Desa Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Sabtu (23/7/2016).

Bupati menjelaskan, pembangunan Balai Adat telah menjadi program Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dalam bidang kebudayaan. Ini sesuai visi misi pemerintah daerah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018.

Terkait pembangunan Balai Adat, kata dia, pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dalam masa jabatan Edy-Tat bertekad menyelesaikan Balai Adat di delapan kecamatan secara bertahap sebelum masa jabatan Edy-Taty berakhir. 

'Setelah ini, kita akan kembali membangun Balai Adat pada tahun ini juga di Kecamatan Maliku,' katanya.

Pada tahun anggaran 2017, kata Bupati, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau akan membangun rumah adat masyarakat Kalimantan Tengah, yakni Rumah Betang dangan anggaran sekitar Rp5 miliar-Rp7 miliar,' ujar Edy.

Lokasi strategis, terang Edy, juga menjadi pertimbangan pemerintah daerah untuk membangun Rumah Betang tersebut karena akan memudahkan pelaksanaan pada saat ada sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan seni dan budaya serta kegiatan lainnya. 

'Untuk rencana lokasi pembangunan Rumah  Betang jika memungkinkan berada di lingkungan Stadion Olahraga di Jalan Panunjung Tarung Pulang Pisau, dan menjadi harapan kita agar rencana besar ini didukung semua pihak agar nantinya bisa terlaksana dengan baik,' harapnya.

Pemerintah daerah juga akan mengusulkan agar dalam setiap pembangunan gedung pemerintah dan bangunan pemerintah lainnya, agar dapat memasukkan berbagai ornamen yang menjadi ciri khas daerah. 

'Para tokoh adat dan Pak damang bisa bantu untuk desain ornamen yang sesuai  filofinya masyarakat di Kabupaten Pulang Pisau,' harapnya.

Turut hadir dalam perletakan batu pertama pembangunan balai adat di Kecamatan Jabiren tersebut, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Pulpis Edvin Mandala, Kepala BATAMAD Pulpis Swady, Damang Jabiren Raya Saiful serta sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Pulpis.(JAMES DONNY/m)

Berita Terbaru