Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dorong Kotawaringin Timur Jadi Kabupaten Layak Anak

  • Oleh M. Rifqi
  • 25 Juli 2016 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - DPRD Kabupaten Kotim mendorong pemkab setempat agar bisa mewujudkan daerah ini sebagai kabupaten layak anak.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotim Cici Desylia. Menurut dia, anak merupakan pemilik masa depan yangharus dijamin hak-haknya. Karena itu, penyelenggara pemerintahan di daerah harus mempunyai pandangan yang sama agar dapat menciptakan kabupaten layak anak.

'Kami berharap bagaimana kedepan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupeten Kotim kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan mengintergrasikan komitmen untuk pemenuhan hak-hak anak,' kata dia, Senin (25/7/2016).

Politisi PDI Perjuangan itu menyampaikan, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadikan Kotim menjadi kabupaten layak anak. Antara lain adanya taman atau ruang publik untuk anak yang difungsikan secara tepat.

'Kota Sampit memiliki sejumlah ruang publik, salah satunya Ikon Kota Ikan Jelawat. Saya kira di kawasan itu kedepan perlu didukung sarana-sarana untuk anak-anak dapat bermain dengan nyaman dan aman,' saran dia.

Hal lain yang tidak kalah penting, yakni perlunya peningkatan kinerja instansi terkait dalam menjamin perlindungan terhadap anak dan perempuan dari kekerasan dan pelecehan seksual. Peraturan daerah tentang perlindungan perempuan dan anak harus lebih disosialisasikan.

'Memang situasi dan dinamika di daerah ini masih belum ada keramahan terhadap anak. Faktanya, masih banyak anak yang dieksploitasi seperti mengemis, mengamen dan lain-lain. Ini bentuk eksploitasi yang harus dihilangkan,' ujar Cici.

Upaya pencegahan harus dilakukan pemerintah daerah melalui instansi terkait. Kegiatan dan program bagi perempuan dan harus lebih dioptimalkan. (RIFQI/m)

Berita Terbaru