Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan Kalimantan Sangat-sangat Terancam Punah

  • Oleh Budi Yulianto
  • 25 Juli 2016 - 17:15 WIB

BORNEOENWS, Palangka Raya - Populasi orangutan Kalimantan bukan lagi berstatus terancam punah. Namun statusnya telah meningkat menjadi sangat-sangat terancam punah. 

"Tadinya berstatus terancam punah. Kini naik menjadi sangat-sangat terancam punah," kata Koordinator Komunikasi dan Edukasi Yayasan BOS Nyaru Menteng Monterado Fridman kepada Borneonews, Senin (25/7/2016).

Dia menuturkan, peningkatan status ini telah dirilis oleh International Union for Conservation Nature (IUCN) pada Juli 2016 ini. Pria yang lebih akrap disapa Agung inipun menduga jika jumlah orangutan bisa dipastikan menurun dari angka sebelumnya 54 ribuan.

"Otomatis menurun. Bisa-bisa 40 ribuan. Tapi data pastinya saya belum megang," imbuhnya.

Agung juga menduga, salah satu ancaman itu terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan seperti pada 2015 lalu. Selain itu juga tidak menutupkemungkinan adanya konflik dengan manusia.

Oleh sebab itu, dia mengajak semua lapisan masyarakat untuk menjaga populasi orangutan di Kalimantan agar tetap hidup seperti sediakala. "Jadi sekarang perlu perhatian semua pihak terutama di Kalimantan, bagaimana ini bisa ditangani.

Karena sekarang hutan yang melindungi mereka sudah tidak aman," tuntasnya. (BUDI YULIANTO,)

Berita Terbaru