Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

126 Calon Kades Bakal Ikut Serta Pilkades Serentak Kobar 2016

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 25 Juli 2016 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - -Hampir seluruh desa peserta Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) 2016, telah menetapkan para calon kepala desanya (kades) masing-masing yang akan maju berebut suara terbanyak pada September 2016. Jumlah kades yang akan maju Pilkades Serentak 35 desa se-Kobar itu nantinya cukup ramai, yakni 126 calon kades.

Kepala Sub Bagian Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Tata Administrasi Pemerintahan, Sekretariat Daerah (Setda) Kobar, Antonius Heri mengungkapkan, 32 dari 35 desa peserta Pilkades Serentak Kobar 2016 sudah menetapkan calon kadesnya masing-masing. Dari 32 desa tersebut, terdapat 111 calon kades yang telah ditetapkan atau dipastikan akan maju Pilkades Serentak Kobar gelombang pertama nanti.

"Rata-rata tiga calon tiap desa. Yang dua calon hanya beberapa desa saja. Hanya tinggal tiga desa saja yang belum menetapkan calonnya. Karena tiga desa itu baru selesai menjalani seleksi tambahan bakal calon kades, karena jumlah pendaftar bakal calon kadesnya melebihi jumlah maksimal 5 calon," terang Heri, Senin (25/7/2016).

Ketiga desa tersebut adalah Desa Rangda Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Desa Purbasari Kecamatan Pangkalan Lada dan Desa Amin Jaya Kecamatan Pangkalan Banteng. Jumlah pendaftar bakal calon di tiga tersebut berjumlah masing-masing enam orang.

Dalam seleksi tambahan pada 18 Juli 2016, lanjut Heri, pihaknya mengeliminasi masing-masing satu bakal calon di tiap desa tersebut. Sehingga jumlah masing-masing calon di tiga desa itu diperkirakan berjumlah lima orang calon. Penetapan calon kades di tiga desa itu dilakukan pada 26-30 Juli 2016.

"Seleksi tambahannya sudah selesai. Awalnya Desa Purbasari ada tujuh pendaftar, tapi mengundurkan diri satu, jadi enam orang dan kita cukup eliminasi satu orang saja karena maksimal lima calon. Desa Rangda dan Desa Amin Jaya masing-masing enam orang dan kita eliminasi menjadi lima orang. Jadi diperkirakan jumlah kades yang akan maju nanti totalnya 126 orang." (RADEN ARYO/m)

Berita Terbaru