Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Gunung Mas Dukung Peningkatan Produksi Beras

  • 25 Juli 2016 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Gumer menyatakan, pihaknya sangat mendukung upaya peningkatan produksi pertanian, terutama padi. Saat ini produksi padi di kabupaten bermoto bumi Banagkalan Penyang Karuhei Tatau, masih jauh dari harapan.

'Intinya kita sangat mendukung berbagai upaya meningkatkan produksi pertanian, terutama produksi padi,' ujar Gumer kepada Borneonews ketika menghadiri penanaman padi perdana di lahan sawah Desa Hurung Bunut, Kecamatan Kurun, Senin (25/7/2016) pagi.

Menurut Gumer, sebagian besar masyarakat di Kabupaten Gumas mempunyai kebiasaan berladang berpindah-pindah. Sementara hasil padi yang diperolah dari ladang hanya untuk dikonsumsi sendiri dan tidak dijual. Hal itu, kata Gumer, yang menyebabkan hasil pertanian masih belum mampu bersaing dengan daerah lain.

'Kita tahu bahwa pemerintah sangat serius dalam upaya meningkatkan produksi pertanian. Ke depan kita harapkan masyarakat jangan hanya konsumtif, tetapi lebih produktif dalam memanfaatkan lahan pertanian yang ada,' ujar politisi PDIP itu.

Menurut dia, selama ini banyak bantuan yang telah diberikan untuk petani di Gumas meningkatkan hasil produksi. Baik itu peralatan mesin pertanian, pupuk, bibit dan pendukung lainnya. Namun hasil produksi padi masih belum mampu memenuhi harapan. Hal itu, ucapnya, menjadi perhatian serius yang harus ditindaklanjuti.

'Kita harapkan adanya program cetak sawah pada tahun ini yang mencapai 1.100 hektar. Bisa lebih meningkatkan produksi beras di daerah ini. Hal ini juga memerlukan dukungan dari para petani dan instansi terkait lainnya,' kata Gumer.

Dia melanjutkan, bila hasil produksi beras petani Gumas cukup memadai. Bisa ditawarkan untuk masyarakat mau pun perusahan beroperasi di Gumas. Di samping itu, kalangan DPRD juga akan berupaya mendorong Pemkab Gunung Mas memfasilitasi petani, menjual hasil produksi dengan harga layak.

'Bila perlu Pemkab Gunung Mas mendirikan perusahan daerah untuk menampung dan mempromosikan hasil produksi petani. Sehingga ada jaminan bahwa hasil produksi bisa terjual dengan harga sesuai harga pasar. Dengan demikian pertanian di daerah ini semakin maju dan masyarakat petani bisa sejahtera,' pungkasnya. (EPRA SENTOSA/m)


TAGS:

Berita Terbaru