Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perangkat Desa di Kotawaringin Barat Dapat Pelatihan Aplikasi Sistem Keuangan

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 25 Juli 2016 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 116 perangkat desa, se-Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti pelatihan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Pelatihan diikuti sekretaris atau bendahara desa, di Ballroom Hotel Kecubung, Senin hingga Kamis (25-28/7/2016).

Kegiatan yang diikuti seluruh desa di lima kecamatan se-Kabupaten Kobar ini rencananya akan berlangsung dua tahap. Untuk tahap pertama Kecamatan Arut Selatan dan Kecamatan Kumai. Sementara tiga Kecamatan lainnya yakni Pangkalan Banteng, Pangkalan Lada dan Kecamatan Arut Utara pada tahap kedua. 

Pelatihan Siskeudes bagi perangkat desa, menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Kobar, Rustam Efendi  bertujuan agar perangkat desa di Kabupaten Kobat mampu mengelola penatausahaan keuangan desa menggunakan aplikasi sistem keuangan desa.

Lanjut dia, aplikasi Sistem Keuangan Desa dirancang Badan Pengawas Keunagan dan Pembangunan (BPKP) yang merupakan aplikasi resmi pemerintah pusat.

"Siskeudes memudahkan desa menyusun perencanaan kegiatan dan anggaran seperti RPJMDes dan APBDes. Selain itu bisa menyusun laporan keuangan dan aset yang sudah sesuai ketentuan.

Ia menjelaskan lebih lanjut, kegiatan pelatihan aplikasi Siskeudes tersebut narasumbernya langsung dari BPKP, Dirjen Pemerintahan Desa dan Kementerian Dalam Negeri. Adapun materi pelatihan tersebut seputar Permedagri Nomor 103 tentang Keuangan dan Pembangunan.  

"Nantinya mereka bisa membuat laporan yang akuntabel dan transparan terkait pengelolaan keuangan," kata Rustam. (KOKO SULISTYO/m)

Berita Terbaru