Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Solusi Banjir di Kotawaringin Timur dengan Perbaikan Total Drainase

  • Oleh M. Rifqi
  • 26 Juli 2016 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur Agus Seruyantara menilai permasalahan banjir yang sering terjadi di daerah itu setiap dilanda hujan dengan intensitas tinggi atau lama, harus diselesaikan dengan perbaikan total saluran pembuangan air atau drainase.

Menurut dia, persoalan banjir atau genangan air yang terus muncul di daerah ini setiap kali dilanda hujan, tidak boleh lagi diabaikan begitu saja. Instansi terkait harus serius menangani banjir saat hujan tersebut dengan memperbaiki secara total saluran pembuangan air atau drainas, terutama di jalan-jalan yang menjadi langganan banjir.

'Kondisi itu perlu solusi konkrit dalam mengatasinya. Tidak bisa hanya membongkar dan mengeruk drainase,' kata dia saat ditemui di ruang kerja Komisi IV DPRD Kotim, Selasa (26/7/2016).

Politisi PDI Perjuangan itu menyrankan agar saluran drainase yang masih terbuat dari gorong-gorong agar diganti seluruhnya dengan siring. Sebab daya tahan dan kualitas siring jauh lebih kuat dan lancar menyalurkan air dibandingkan drainase.

'Salah satu penyebab genangan air saat hujan melanda dengan intensitas tinggi karena sistem saluran airnya tidak optimal. Tidak cukup hanya dibongkar dikeruk, tetapi akan lebih baik apabila diganti dengan siring,' ujar dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kotim M Shaleh, menyarankan ada baiknya pemkab melakukan koordinasi intensif agar ada program solutif mengatasi banjir di daerah ini.

'Banjir tidak ditentukan dari banyaknya program dan anggaran, tetapi langkah, upaya dan cara yang lebih efektif. Jika evaluasi tidak segera dilakukan, maka anggaran daerah akan percuma," jelasnya.

Dia melihat Pemkab Kotim cenderung malas mencari solusi mengatasi banjir. Sehingga tidak ada langkah-langkah dan terobosan baru. Kondisi geografis selalu menjadi alasan saat jalanan dan pemukiman digenangi banjir. (RIFQI/m)

Berita Terbaru