Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Ngotot Tertibkan Pasar Dadakan

  • Oleh M. Rifqi
  • 26 Juli 2016 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur tampaknya benar-benar serius melakukan penertiban pasar dadakan yang tersebar di beberapa titik di daerah setempat. Ini tampak dari ngototnya Bupati Supian Hadi yang mewacanakan akan menertibkan dan melarang pasar dadakan di dalam kota.

'Kita tetap akan menertibkan. Bukan menghilangkan, tetapi sekali lagi saya bilang menertibkan. Silahkan menggelar pasar dadakan di luar kota, asal jangan di dalam kota,' tegas dia, Senin (25/7/2016).

Supian mengaku menyadari keberadaan pasar dadakan sangat membantu masyarakat, terutama mereka yang bekerja dari pagi hingga sore hari seperti para ASN. Dengan adanya pasar dadakan, mereka bisa berbelanja di sore atau malam hari apalagi lokasinya dekat dengan lingkungan pemukiman.

'Kalau hati nurani saya tidak tega mengatakan ini ditiadakan. Mungkin diantara mereka (pedagang pasar dadakan) teman saya, pemilih saya. Keputusan ini juga secara politis juga tidak menguntungkan,' ucap bupati dua periode ini.

Namun sebagai kepala daerah dia harus berpikir lebih luas dan melihat aspek keadilan. Sebab, ada nasib pedagang lain yang jumlahnya lebih besar yang juga harus dipikirkan. Selain itu, keberadaan pasar dadakan juga akan memengaruhi konsep penataan kota, serta target menjadikan Kota Sampit menjadi kota pariwisata.

'Kita juga harus memikirkan nasib para pedagang di pasar-pasar resmi yang dibangun pemerintah daerah. Ribuan pedagang di pasar-pasar resmi mengeluhkan keberadaan pasar dadakan. Kita harus melihat kepentingan yang lebih besar,' ujar dia.

Supian pun meminta para pedagang pasar dadakan membentuk asosiasi yang pengurus dan anggotanya murni berasal dari para pedagang. Sehingga tidak ditumpangi kepentingan pihak lain. Dia mengaku bersedia untuk duduk bersama mencari solusi bersama dengan DPRD dan instansi terkait, sehingga semuanya bisa berjalan dan tidak ada yang dirugikan. (RIFQI/m)


TAGS:

Berita Terbaru