Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Mantapkan Sosialisasi dan Pelatihan Penanggulangan Karhutla

  • Oleh Cecep Herdi
  • 27 Juli 2016 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu (27/7/2016) menggelar sosialisasi dan pelatihan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), di Aula Antakusuma, Pangkalan Bun.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Kotawaringin Barat Bambang Purwanto, Kepala SKPD terkait, unsur muspida dan puluhan perwakilan perusahaan yang ada di Kobar.

Bupati mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan secara langsung bagaimana cara mencegah dan menangani kebakaran hutan lahan.

"Pelatihan ini diharapkan menjadi modal seluruh kalangan dalam mencegah dan menangani karhutla di wilayah Kabupaten Kobar," jelas Bambang Purwanto.

Terkait anggaran, Bambang mengakui untuk penanganan karhutla nilainya kecil. Untuk itu, pemkab akan menyesuaikan kembali anggaran sesuai kebutuhan dalam anggaran perubahan tahun ini.

"Anggaran memang menjadi sorotan semua pihak, nilainya kecil, tapi jika dibanding tahun lalu besar anggaran tahun ini, nanti kita sesuaikan nilainya di perubahan," tegas Bambang.

Untuk sanksi pembakar hutan sendiri, khususnya pihak perusahaan. Bambang berjanji akan mencabut izinnya sesuai dengan perintah Gubernur Kalteng. "Kalau itu sudah jelas intruksi dari Gubernur," terangnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), mengejak sekurangnya 280 peserta dari berbagai lapisan pemerintah dan masyarakat untuk mengikuti sosialisasi penanggulangan karhutla.

"Perusahaan wajib hadir dalam sosialisasi ini. Karena semua ini dalam rangka pengurangan resiko bencana di Kabupaten Kobar, perlu adanya kerjasama dengan berbagai pihak termasuk instansi pemerintah, perusahaan, dan organisasi kemasyarakatan," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kobar, Reneli. (CECEP HERDI/m)

Berita Terbaru