Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Taman Nasional Tanjung Puting Laris Manis di Bulan Agustus

  • Oleh Cecep Herdi
  • 27 Juli 2016 - 21:49 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) di kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, banyak didatangi turis mancanegara setiap bulan Agustus. Yang mengkhawatirkan, areal hutan yang menjadi habitat orangutan makin berkurang, menyebabkan persediaan makanan primata itu juga ikut habis.

Kedatangan turis dari seluruh dunia itu untuk melihat hewan primata orangutan yang hidup di habitat aslinya di Pulau Kalimantan. Profesor Birute Galdikas, yang mengabdikan hidupnya untuk pelestarian orangutan mengakui, kunjungan turis dari mulai lokal hingga mancanegara puncaknya tiap bulan Agustus. Ia tak menjelaskan secara rinci, apa yang menjadi tolok ukur kedatangan para pelancong itu di bulan Agustus

"Puncak para pengunjung ke TNTP ini pada bulan Agustus, untuk datanya silahkan tanya di kantor Balai TNTP Pangkalan Bun," ucap wanita berdarah Amerika Serikat di Camp Leakey, TNTP, Rabu (27/7/2016) sore.

Taman nasional yang memiliki luas 430 ribu hektare tersebut menjadi lokasi pariwisata yang diakui dunia. Di TNTP, merupakan habitat asli satwa yang dilindungi keberadaannya.

Sementara itu, Profesor Birute menghawatirkan keberadaan orangutan saat ini. Pasalnya, hutan di Kalimantan menurut dia sudah habis. Dampaknya, suplai makanan seperti buah-buahan yang ada di hutan habis karena kini alihfungsi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit sudah marak terjadi di seluruh daerah. Termasuk di Kabupaten Bumi Maunting Batu Aji ini.

"Tahun ini ada satu orang utan betina yang mati, mereka dibunuh oleh orang utan lainnya karena kelaparan dan berebut makanan. Hutan di Kalimantan sudah habis, musuh hutan adalah kelapa sawit, stok makanan untuk orang utan sudah habis," tegasnya. (CECEP HERDI/N).

Berita Terbaru