Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Belasan Tahun Warga Tewang Samba Danum Menikmati Jalan Rusak

  • Oleh Hairul Saleh
  • 28 Juli 2016 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Warga Tewang Desa Samba Danum, Kecamatan Katingan Tengah seperti dianaktirikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan. Selama belasan akses satu-satunya Jalan Danau Mare rusak parah dan tidak pernah sekalipun diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum (PU) Katingan.

Padahal, pada ruas jalan sepanjang sekitar stu kilometer tersebut terdapat ribuan unit rumah warga. Menurut Rahmat, warga setempat, sejak belasan tahun Jalan Danau Mare itu tidak pernah diperbaiki, meskipun kondisi badan jalannya sudah rusak.

"Kerusakan jalan yang tidak diperbaiki semakin parah saja setiap tahunnya. Sehingga bisa dilihat jika musim hujan badan jalannya berlumpur. Jangankan menggunakan kendaraan, berjalan kakipun tidak layak," ungkap Rahmat kepada Borneonews, Kamis (28/7/2016).

Ia mengaku sangat miris melihat kondisi jalan itu. Apalagi, jalan tersebut banyak dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Banyak warga mengeluh jika melintasi badan jalan yang banyak terdapat lubang menganga, bahkan material batu pecah yang tajam.

'Ia juga mempertanyakan mengapa sampai saat ini jalan itu seolah-olah tidak diperhatikan atau diprioritas oleh pemerintah daerah untuk dilakukan perbaikan, mengingat kondisi jalan semakin rusak.

"Berapa kali berganti anggota dewan dan bupati pun jalan ini tetap seperti malah semakin parah karena tidak diperhatikan sama sekali," bebernya.

Sementara itu Muhammad Effendi, anggota DPRD Katingan dari Dapil Gandang Nyaru mengaku terus berusaha keras memperjuangkan aspirasi masyarakat, namun tampaknya masih belum ada kejelasan.

"'Untuk tahun anggaran 2016 dan 2017 tampaknya dari APBD Kabupaten Katingan tidak ada juga kegiatan perbaikan jalan Danau Mare itu. Namun bisa saja nantinya jalan itu diperbaiki melalui APBN," ujar Effendi. (HAIRUL/SALEH/m)

Berita Terbaru