Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Ditemukan BPJS Palsu di Kobar

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 28 Juli 2016 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Heboh penemuan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan palsu di Jawa Barat, baru-baru ini menyentak banyak pihak. Namun kasus tersebut tidak ditemukan di Kabupaten Kotawaringin Barat.

.Di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), jumlah peserta BPJS Kesehatan sudah mencapai 180.000 peserta hingga Juli 2016. Jumlah ini sudah mencakup peserta BPJS Kesehatan para Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI-Polri, karyawan swasta dan masyarakat umum dan termasuk peserta Kobar Sehat dan Jamkesmas.

Menurut Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kotawaringin Barat (Kobar) Septa, sejauh ini belum ada kasus kartu BPJS palsu yang ditemukan di Kobar. Walau begitu pihaknya sudah mengantisipasi hal ini dengan memasang beberapa spanduk di Puskesmas yang berisi imbauan kepada masyarakat terkait pendaftaran peserta BPJS.

"Saat ini langkah awal yang kita lakukan adalah memberikan informasi dasar kepada masyarakat bagaimana sebaiknya bila ingin mendaftarkan sebagai peserta BPJS," kata Septa di ruangannya, Kamis (28/7/2016).

Selain mengantisipasi dengan pemasangan sejumlah spanduk, BPJS Kesehatan, juga akan berkiirim surat kepada puskesmas di Kabupaten Kobar agar mewaspadai kartu BPJS palsu.

Sejatinya, BPJS Kobar sudah lama mengantisipasi hal ini sebelum kasus ini terkuak. Namun bahasa dalam surat yang dikirim BPJS Kesehatan kepada Puskesmas adalah mengantisipasi penyalahgunaan kartu BPJS Kesehatan, sehingga ada kebijakan kartu yang diberikan dilampiri identitas lain seperti KTP dan KK.

Septa mengakui, sejauh ini ia belum melihat kartu BPJS palsu yang sudah beredar di Jawa Barat, sehingga ia belum bisa memberikan keterangan terkait ciri-ciri dan perbedaan kartu BPJS yang asli dan yang palsu. Namun dengan sistem yang sudah terkoneksi di seluruh Indonesia ia meyakini apabila menggunakan kartu BPJS palsu dipastikan akan diketahui.

"Inilah keuntungan sistem yang sudah berbasis internet di puskesmas-puskesmas, karena kartu BPJS Kesehatan palsu tidak akan teridentifikasi dalam data base (master file) BPJS Kesehatan, karena nama peserta dan nomor kartu akan berbeda sehingga tidak bisa digunakan," terang dia. 

Cara Aman Bikin Kartu BPJS Kesehatan.

Agar masyarakat tidak tertipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggun jawab, untuk itu ia menyarankan kepada masyarakat ketika akan membuat kartu BPJS Kesehatan sebaiknya datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan dan tanpa melalui calo.

Selain itu, masyarakat yang akan membuat BPJS Kesehatan tidak dipungut biaya, iuran mandiri akan di kenakan 14 hari setelah mendaftar.

"Agar aman sebaiknya masyarakat datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan dan tanpa melalui calo, boleh saja secara kolektif membuatnya melalui organisasi resmi," beber Septa.

Inilah Ciri-ciri Kartu BPJS yang Asli

1. Kartu asli BPJS Kesehatan perorangan, memiliki gambar pulau di Indonesia.

2. Di balik kartu BPJS asli, tertera tiga peraturan pemakaian penggunaan kartu BPJS.

3. Hasil cetak kartu asli jelas.

4. Barcode BPJS asli rapi dan beraturan. (KOKO SULISTYO/m)

Berita Terbaru