Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luasan Cetak Sawah Kalteng Berkurang 750 Hektare

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Juli 2016 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Luasan cetak sawah yang menjadi program Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Kalimantan Tengah mengalami pengurangan 750 hektare. Dari rencana luasan awal 17.300 hektare, berkurang menjadi hanya 16.550 hektare.

"Ini karena Rasionalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016 yang Rp3,65 Triliun itu. Tidak hanya Distanak, SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lain di lingkup Pemprov juga kena. Pokoknya segitu pengurangannya, ya kira-kira yang berkurang sekitar 750 hektare lah. Jadi akhirnya, 16.550 hektare yang akan dicetak," ungkap Tute Lelo, Kadistanak Kalteng kepada Borneo News, Jumat (29/7/2016).

Ia mengatakan, meski ada pengurangan luasan, namun program ini tetap berjalan seperti sebelumnya  dan tetap di daerah yang sama yaitu Kabupaten Katingan, Kotawaringin Timur, Seruyan, Pulang Pisau, Kapuas, Barito Selatan, Barito Timur dan Barito Utara.

Hingga saat ini, menurut dia. luas sawah yang dicetak secara keseluruhan sudah mencapai 87%. Sebanyak 50% di antaranya sudah ditanami.

"Ini laporan dari anggota TNI yang di lapangan, karena kebetulan untuk cetak sawah ini kita kerja sama dengan TNI. Jadi perkembangannya kita koordinasikan. Untuk yang sudah tanam 50 persen, ini karena begitu sawah selesai dicetak langsung dilakukan penanaman," tambahnya.

Secara keseluruhan program cetak sawah ini tidak ada kendala berarti dengan adanya rasionalisasi anggaran. Program ini terus diupayakan selesai secepatnya. Apalagi program ini dilakukan guna meningkatkan produksi padi, yang merupakan rangkaian untuk merealisasikan swasembada pangan. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru