Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kerugian Kebakaran 5 Rumah di Baamang Diperkirakan Rp400 Juta

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Agustus 2016 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kerugian terbakarnya lima rumah yang berada di Gg H Mansur, Jl Muchran Ali, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada Selasa (23/8/2016) diperkirakan sekitar Rp400 Juta.

Kisaran kerugian sebesar itu karena empat rumah tidak bersisa, dan satu rumah terbakar separuh. Selain itu rata-rata ukuran rumah berkontruksi kayu itu adalah 9 meter x 15 meter. Rumah itu merupakan milik Mahmud (47), Kusnadi (35), Abdul Sani (70), Surenocen (32), dan Bayu (35).

'Tentunya masih kami periksa lagi, dan juga memeriksa para korban kebakaran itu,' ujar Made.

Sedangkan penyebab kebakaran yang menghanguskan rumah warga itu belum diketahui pasti. Namun asal api bermula muncul dari rumah bagian tengah milik Kunadi hingga menjalar ke samping kiri dan kanan rumah warga lainnya.

Tidak ada korban dalam musibah kebakaran tersebut. Namun yang pasti empat buah rumah hanya menyisakan puing-puing saja. Tanpa ada satupun tiang yang berdiri kokoh. Hal itu dikarenakan api lebih dulu membesar, tanpa bisa dipadamkan.  

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sutoyo mengatakan, banyaknya masyarakat yang menonton kejadian kebakaran itu membuat mereka tidak bisa cepat memasuki tempat kejadian. Sehingga keterlambatan itu juga menjadi dasar dalam pemadaman api.

'Mobil kami tidak dapat melaju dengan cepat, karena takut menabrak warga yang menonton kejadian tersebut. Sehingga hal itu membuat pemadaman juga terlambat,' ungkap Sutoyo.

Dengan adanya hal itu, Sutoyo meminta kepada warga apabil terjadi kebakaran jangan sampai mengganggu upaya pemadaman, seperti bergerumbung menonton dilokasi. Terkecuali ikut membantu memadamkan. Karena hal itu sangat berbahaya, dan bisa membuat yang bersangkutan menjadi korban tabrakan, atau hal lainnya. (M HAMIM/m)

Berita Terbaru