Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nurhidayah Akan Bangun Desa Sambi sebagai Destinasi Sejarah

  • Oleh Cecep Herdi
  • 24 Agustus 2016 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bakal calon (balon) Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat 2017-2022 Hj. Nurhidayah berjanji akan meningkatkan pembangunan di Desa Sambi Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawariingin Barat, Kalimantan Tengah. Desa yang berada di kecamatan terjauh di Kabupaten berjuluk Marunting Batu Aji itu memiliki destinasi wisata yang menyimpan sejarah perjuangan saat momen proklamasi puluhan tahun silam. Salah satunya monumen penerjunan pertama di Kalimantan.

"Desa Sambi harus lebih diperhatikan lagi pembangunannya terutama akses infrastruktur ke desa itu. Kita ketahui bersama di desa itu telah ada tonggak sejarah penerjunan pertama di Kalimantan yang dilakukan Imanuel Nuhan dan rekan rekan seperjuangannya membuka komunikasi antara Pulau Jawa - Kalimantan," kata perempuan yang menjabat sebagai Wakil Ketua l DPRD Kotawaringin Barat di ruang VIP Bandara Iskandar, Pangkalan Bun, usai menemui saksi sejarah penerjunan pertama Imanuel Nuhan, Rabu (24/8/2016) siang.

Saat ini ia  sangat prihatin dengan kondisi desa Sambi dan desa desa lainnya yang ada di Kecamatan Arut Utara. Karena menurut istri dari H.Ruslan AS itu, pembangunan desa di Kecamatan Arut Utara masih belum merata.

"Fokus pada peningkatan infrastruktur baik akses penghubung desa ke desa, dan akses penghubung dari desa ke kecamatan. Dengan terbukanya semua akses itu maka akan berdampak meningkatnya kesejahteraan dan perekonomian masyarakat," katanya.

Desa Sambi, menurut Nurhidayah, akan menjadi desa wisata bersejarah. Untuk menciptakan hal itu, maka prioritas utama yang harus dilakukan adalah peningkatan infrastuktur jalan ke desa tersebut. Karena dengan akses yang baik, maka akses transportasi untuk wisatawan yang akan mengunjungi desa tersebut akan semakin mudah.

"Selain Desa Sambi juga ada Desa Riam Panahan yang memiliki air terjun indah. Kecamatan Arut Utara sebetulnya banyak menyimpan objek wisata yang harus dikelola dengan baik,. Namun hingga saat itu, kekayaan wisata itu belum tergali dengan baik," katanya.

Saat ini jarak tempuh dari kota Pangkalan Bun menuju Desa Sambi membutuhkan waktu sekitar empat jam lebih  dengan jarak kurang lebih 150 km. (CECEP HERDI/m)

Berita Terbaru