Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT HUTAN KETAPANG INDUSTRI Berkomitmen Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh Yohanes S Widada
  • 25 Agustus 2016 - 11:03 WIB

BORNEONEWS, Ketapang - Sebagai wujud komitmen mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan, PT Hutan Ketapang Industri (PT HKI), Muspika Kecamatan Kendawangan, Manggala Agni Kabupaten Ketapang dan Dewan Adat Dayak Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat menjalin komitmen bersama.

Yaitu  mencegah terjadinya kebakaran dengan cara  melaksanakan penyuluhan mengenai pencegahan Kebakaran Hutan dan lahan pada tanggal 23 Agustus 2016. Acara  tersebut berlangsung  di aula kantor Kecamatan Kendawangan.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan 8 desa di sekitar wilayah konsesi PT HKI, antara lain Desa Sei Jelayan, Desa Pangkalan Batu, Desa Kedondong,  Desa Slimatan Jaya,  Desa Mekar Utama,  Desa Air Hitam Besar dan Desa Air Hitam Hulu. Sosialisasi ini sebagai langkah awal dalam menangani masalah kebakaran yang timbul akibat kemarau panjang.

'Kami dari Manggala Agni mengapresiasi sosialisasi ini karena antisipasi untuk kebakaran belum terlambat. Kebakaran yang terjadi di Kecamatan Kendawangan baru terjadi di lahan permukaan belum di area lahan gambut. Pencegahan lebih baik dari pada memadamkan, sebab jika terjadi kebakaran di daerah lahan gambut diperlukan biaya cukup besar dalam pembuatan kanal. Karena lahan gambut sulit padam jika tidak dibuatkan kanal,' ujar Bagus Ali Imron anggota Manggala Agni Daops Ketapang.

Permasalahan Kebakaran lahan dan hutan telah menjadi isu nasional dan menjadi tanggungjawab bersama. Sejumlah alasan pembakaran muncul dari masyarakat, kebanyakan dikarenakan pembukaan lahan untuk perkebunan serta perburuan.

Kapolsek Kendawangan AKP, Mochammad Rosidi , SH menjelaskan,        'Dalam penanganan kebakaran diperlukan peran serta semua pihak. Kami berharap dari Satpol PP Kecamatan Kendawangan bisa dilibatkan juga sebab kebakaran adalah tanggungjawab bersama. Karena luas wilayah Kendawangan , saya berharap peran peleton desa yang di bentuk bisa bekerja secara maksimal. Contohnya dalam pengecekan hotspot bisa dilakukan peleton desa dan membuat laporan kepada kami.'

Pada kesempatan ini Kapolsek Kendawangan mengapresiasi PT Hutan Ketapang Industri sebagai salah satu perusahaan yang sering melaksanakan sosialisasi kebakaran baik di tingkat desa ataupun kecamatan.

Askep Damkar PT Hutan Ketapang Industri , Slamet Sri Mulyanta menjelaskan, 'Sosialisasi ini merupakan upaya kami untuk bisa menyakinkan masyarakat bahwa kebakaran lahan sangat merusak, baik lingkungan maupun kesehatan. Maka hal ini akan terus kami lakukan, kami ingin masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan terdekat dari bahaya kebakaran.' (Adv/*)

Berita Terbaru