Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polisi Tembak Perampas Logistik Pilkada Barsel 2017

  • Oleh Uriutu
  • 25 Agustus 2016 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Aparat Polres Barito Selatan (Barsel) menembak tiga orang perampas logistik Pilkada Barsel 2017, pada simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) di Taman Iring Witu Buntok. Kamis (25/8/2016). Penembakan tersebut dilakukan setelah tiga orang tak dikenal menggunakan senjata api tiba-tiba menghadang mobil pickup yang membawa logistik serta merampas kotak suara tersebut.

Lalu kotak suara itu pun dibawa perampas, tak begitu lama polisi berhasil mengepung tempat persembunyian mereka tersebut dan berhasil melumpuhkan tiga orang itu dengan tembakan.

Sebelumnya, kegiatan simulasi tersebut diawali dengan skenario protes puluhan orang pendukung fanatik salah satu pasangan calon mendatangi KPU setempat untuk melakukan protes terhadap keputusan KPU, karena paslon mereka tidak lulus persyaratan adminitrasi menjadi calon. 

Kerusuhan juga terjadi pada saat salah satu paslon menuju tempat kampanye sebelum sampai dihadang ratusan massa ditengah jalan. 

Namun beruntung berkat kesigapan pihak polres sehingga salah satu paslon tersebut bisa melaksanakan kampanye dengan aman dan kondusif

Kerusuhan juga terjadi karena massa dari salah satu pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Barsel, merasa proses penghitungan suara terjadi kecurangan. 

Maka terjadi kerusuhan atau anarkis, sehingga petugas yang bertugas menjadi kewalahan. Dalam kerusuhan tersebut, beberapa petugas menjadi korban, luka parah dan terkapar di tanah akibat amukan massa.

Setelah mendapatkan laporan Kapolres menurunkan pasukan pengamanan untuk membantu meredam amukan massa. Akhirnya massa berhasil diredam oleh petugas. Proses penghitungan suara kembali berlangsung aman dan tertib kembali. 

Dalam simulasi tersebut Polres Barsel dibantu, peleton dalmas Barito Timur, Peleton Dalmas Barito Utara, Peleton Dalmas Murung Raya, Peleton Dalmas Dishabara Polda Kalteng Peleton Raimas Ditshabara Polda kalteng dan Kompi PHH Satbrimob Polda Kalteng.

Karo Ops Polda Kalteng, Kombes Pol Bambang mengatakan, simulasi sispamkota ini melatih anggota untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan pada saat pilkada seperti kasus dalam simulasi.

'Jika hal-hal tidak diinginkan terjadi, kita sudah siap untuk mengatasi dan mengamankannya,' kata Bambang kepada Borneonews usai simulasi, Kamis (25/8/2016).

Ia berharap, jangan sampai dalam pilkada barsel mendatang terjadi seperti dalam simulasi ini. Dengan harapan semua kondusif dan tidak terjadi unjuk rasa dan lain sebagainya.

Untuk personil yang ikut mengamankan Pilkada Barsel mendatang kurang lebih 300 anggota. Terdiri dari Polres Barsel sendiri dibantu, peleton dalmas Barito Timur, Peleton Dalmas Barito Utara, Peleton Dalmas Murung Raya, Peleton Dalmas Dishabara Polda Kalteng Peleton Raimas Ditshabara Polda kalteng dan Kompi PHH Satbrimob Polda Kalteng. (Uriutu Djaper/N).

Berita Terbaru