Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabupaten Gumas Miliki Banyak Potensi Wisata

  • 27 Agustus 2016 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Kabupaten Gunung Mas (Gumas) memiliki  banyak potensi wisata yang bisa diandalkan. Bila terkelola dengan baik, akan membawa dampak positif untuk masyarakat.

'Banyak tempat wisata yang cukup berpotensi di Kabupaten Gunung Mas ini,' kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Gumas, Yokdie ketika dibincangi wartawan di kantornya, kemarin.

Yokdie menyampaikan, beberapa obyek wisata di Kabupaten Gumas yakni Air Terjun Batu Mahasur dan Air Terjun Bawin Kameloh di Kuala Kurun. Kemudian, Betang Toyoi di Desa Tumbang Malahoi, Kecamatan Rungan, Betang Damang Batu di Desa Tumbang Anoi, Kecamatan Damang Batu,

Selanjutnya, Betang Singa Kenting di Tumbang Korik, Kecamatan Kahayan Hulu Utara. Berikutnya, obyak wisata Batu Suli di Desa Upon Batu,  Monumen Tambun Bungai di Desa Tumbang Pajangei, Kecamatan Tewah dan masih banyak obyek wisata lainny.

'Memang saat ini potensi yang ada masih belum terkelola secara maksimal. Namun, kita terus berupaya agar potensi yang ada bisa dikembangkan,' kata Yokdie.

Menurut Yokdie, terkait dengan pengembangan obyek wisata di Kabupaten Gumas. Menjadi perhatian Pemkab Gumas, namun dana yang dimiliki masih sangat terbatas. Sehingga pembenahan dilakukan secara bertahap. Disamping itu, Pemkab juga sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah provinsi dan pusat, untuk pengembangan obyek wisata di daerah ini.

'Pemkab Gunung Mas juga serius dalam mengembangkan obyek wisaya di daerah ini. Bahkan, setiap tahun menggelar Festival Budaya Minhing Manasa (FBMM) yang bertujuan untuk mempromosikan wisata dan mempertahankan kebudayaan,' ujar dia.

Pada kesempatan itu, Yokdie meminta kepada masyarakat di kabupaten Gumas untuk bersama-sama menjaga dan memelihara pasilitas wisata yang ada dan tidak merusak pasilitas yang dibangun olah pemerintah. (EP/N).

Berita Terbaru