Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kalteng Usulkan Ada Anggaran Untuk Veteran

  • Oleh Ariananta
  • 27 Agustus 2016 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi A DPRD Kalimantan Tengah bidang pemerintahan dan anggaran, HM Sriosako mengusulkan agar Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menyediakan anggaran untuk mendukung aktivitas sekaligus penghargaan kepada veteran. Menurut politisi Partai Demokrat ini, hal itu penting untuk dukungan kegiatan dan masa tua bagi para veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

'Kita mengharapkan ke depan ada dana khusus untuk para veteran, yang disediakan dalam APBD. Sebab selama ini tidak ada bantuan bagi mereka secara jelas yang bersumber dari dana daerah. Padahal mereka itu adalah bagian dari pendiri bangsa ini,' ucap Sriosako, di DPRD Kalteng, Palangka Raya, kemarin.

Sako menjelaskan, karena tidak adanya penghargaan pada upacara bendera memeringati HUT ke-71 Kemerdekaan RI, sempat menimbulkan kesalahpahaman. 'Biasanya saat upacara bendera Hari Kemerdekaan Indonesia, para veteran mendapat penghargaan usai upacara, tapi kemarin tidak."

Sako mengapresiasi sikap Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran yang langsung tanggap dan memberi penghargaan kepada para veteran saat malam syukuran HUT RI di Istana Isen Mulang atau rumah jabatan Gubernur. "Nanti kalau ada pengajuan anggaran di APBD Kalteng bagi veteran, sehingga terjadwal secara jelas, saya akan mendukung agar disahkan dalam APBD."

Seorang veteran Kalteng, Martin Lujen yang bakal menggantikan Ketua Veteran Kalteng Walman Narang akan berupaya keras agar veteran di provinsi ini dapat dihargai Pemerintah. Dia akan mencari rumah singgah untuk tempat berkumpulnya para veteran.

Martin mengatakan, jumlah veteran di provinsi berjuluk "Bumi Pancasila-Bumi Tambun Bungai" ini mencapai 450 orang, sementara khusus di Palangka Raya 86 orang, sehingga perlu mendapat perhatian dan penghargaan dari Pemerintah. (art/cby/N).

Berita Terbaru