Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi A Dukung Pembinaan Mental Aparat Sipil Negara

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 26 Agustus 2016 - 07:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kalangan DPRD Kota Palangka Raya, khususnya di Komisi A yang membidangi pemerintahan, mendukung upaya pembinaan mental dan disiplin pegawai negeri sipil (PNS). Sebab mereka sejatinya pihak yang melayani dan bukan yang dilayani. Mental disiplin dalam bekerja merupakan buah dari kesiapan moral pegawai.

Anggota Komisi A, Agustina Elsye mengatakan itu guna menanggapi Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya yang mengalokasikan pelatihan pembinaan mental, disiplin dan jiwa corsa aparatur di lingkup pemkot.

'Pembinaan tersebut harus terus diberikan agar kinerja PNS lebih baik. Kita sangat mendukung pelatihan pembinaan mental dan jiwa korsa tersebut, sebagai salah satu cara pembinaan disiplin pegawai,' katanya, Kamis (25/8/2016).

Bahkan menurut Ana, pelatihan dan pembinaan mental kepada PNS tersebut jangan dilakukan hanya sekali saja, melainkan harus dilakukan terjadwal. Bila perlu rutin dan secara berkelanjutan. Bisa dilakukan tiap triwulan atau persemester. Langkah itu sebagai bagian dari upaya melengkapi pembinaan rohani yang selama ini sudah rutin dilakukan tiap pekan

Menurut dia, kalangan dewan mengaku prihatin dengan merosotnya kedisiplinan para pegawai ASN. Ana mengibaratkan, pembinaan mental rohani yang sudah rutin tiap minggunya saja masih ada oknum pegawai yang tidak malu dalam melakukan pelanggaran, apalagi apabila tidak terjadwal dan berkelanjutan. Karena itu, pantang untuk surut dalam melakukan pembinaan. Yang sudah berjalan harus lebih ditingkatkan lagi.

'Harus terus diperbaiki agar kenerja dan pelayanan maksimal. Kalau misalnya ada yang mealakukan pelanggaran disiplin apalagi pelanggaran hukum maka tidak boleh pandang bulu penindakannya,' tukasnya.

Seruan Ana berikutnya, Pemkot harus mengimbau atau bisa menanamkan budaya malu kepada setiap pegawai. Sebab dengan adanya budaya malu akan menuntun pegawai untuk menghargai norma dan tidak tergiur berbuat yang di luar aturan.

Sementara itu pada Rabu seharu sebelumnya, pemerintah kota melakukan pembekalan penanaman sikap mental disiplin dan jiwa korsa Pgawai Pemkot. Kegiatan berlangsung di ruang Peteng Karuhei II Balaikota Palangka Raya. (ROZIKIN/m)

Berita Terbaru