Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Sukamara Keluhkan Lambatnya Proses Pencetakan e-KTP

  • Oleh Norhasanah
  • 26 Agustus 2016 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Warga Sukamara mengeluhkan lambatnya proses pembuatan kartu tanda penduduk eloktronik (e-KTP). Lambatnya proses pencetakan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sukamara itu, membuat berbagai urusan mendesak, praktis ikut terganggu. Pasalnya, terlambatnya proses pencetakan ini sudah berjalan cukup lama.

Eni, warga Kelurahan Mendawai menuturkan, lamanya proses pembuatan e-KTP sangat merugikan masyarakat yang membutuhkan kartu identitas untuk berbagai keperluan, terlebih pemohon yang berasal dari luar kota.

'Sudah melakukan perekaman data dan keperluan administarsi lainnya untuk membuat E-KTP, namun hingga sekarang e-KTP belum bisa dicetak,' kata Eni, Jumat (26/8/2016).

Hal senada dikatakan Fahrul. Ia kecewa saat mendatangi bagian pelayanan pembuatan KTP di Dinas Dukcapil Sukamara, sebab informasi bagian pelayanan mengatakan, pencetakan belum bisa dilakukan.

'Rencana membuat E-KTP untuk kepentingan pekerjaan, namun saat mendatangi bagian pelayanan mendapatkan informasi bahwa pencetakan belum bisa dilakukan karena ribbon atau tinta masih kosong atau habis,' ujar Fahrul.

Menurut Fahrul seharusnya pihak Dinas Dukcapil untuk dapat bekerja lebih cepat terutama dalam menangani masalah yang saat ini menjadi kendalanya. Sebab jika kendala ini dibiarkan berlarut akan semakin banyak masyarakat yang dirugikan karena hal ini.

Sementara itu, ketika masalah ini ingin dikonfirmasikan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tidak dapat ditemui karena sedang dinas luar. Namun dari papan pemberitahuan yang dipasang di depan Kantor Pelayanan Dukcapil Sukamara, tertulis untuk sementara ini pencetakan e-KTP tidak bisa dilakukan berhubungan adanya kendala teknis. (MG-13/N).

Berita Terbaru