Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kapuas Letakkan Batu Pertama Pembangunan Taman Askari

  • 27 Agustus 2016 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat meletakkan batu pertama pembangunan taman kota sebagai ruang hijau. Bupati didampingi Wakil Bupati Kapuas, H Muhajirin beserta Ketua DPRD Kapuas dan Forkopimda Kapuas melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan ruang terbuka hijau (Taman Kota) yaitu Taman ASKARI (Asmin Kapuas Lestari), Jumat (26/8/2016) Pagi.

Sebelumnya, dilaksanakan pula Acara Adat Potong Pantan dan Tarian Daerah dari Sanggar Riak Nyalong Kabupaten Kapuas menyambut kedatangan Direktur Teknik PT Asmin Bara Bronang BJ Basuki beserta jajaran.

Laporan Sekertaris Daerah Kabupaten Kapuas, Rianova peletakan batu pertama taman kota tersebut sebagai tanda dimulainya secara resmi pelaksanaan pembangunan fisik Ruang Terbuka Hijau (Taman Kota) Kuala Kapuas menggunakan dan CSR Perusahaan Besar Swasta(PBS) yang bergerak di bidang pertambangan.

Selain itu, sebagai salah satu perwujudan pelaksanaan tanggung jawab sosial dan bentuk komitmen dari perusahaan pertambangan dalam mengharmonisasikan dan mensinergikan pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan dengan program pembangunan daerah Kabupaten Kapuas serta mendukung percepatan pembangunan daerah.

Bupati Kapuas dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada perusahaan yang sudah melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) di Kota Air (Aman Indah dan Ramah). Kemudian ia berharap kepada seluruh perusahaan-perusahaan lain baik Perbankan untuk melakukan hal yang sama karena menurutnya masih banyak tanah kosong Pemerintah Daerah.

'Saya tantang para pengusaha lainnya termasuk perbankan. Saya harapkan ke depan ada yang namanya Taman Bank Mandiri, Taman Bank Kalteng, Taman Bank Syariah dan lain-lain begitu juga dengan perusahaan lainnya. Ruang Terbuka Hijau idealnya secara teknis 30 persen dari luasan kota harus kita siapkan,' tegas Ben Brahim.

Untuk itu, ia mengatakan ke depan baik Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kapuas dapat melakukan pembangunan dengan kebersamaan. Dengan komitmen yang dilakukan oleh perusahan yang beroperasi di Kabupaten Kapuas, maka ia atas nama Pemerintah Daerah menyampaukan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya.

Dengan adanya taman kota yang akan segera dibangun tersebut, ia berharap pula dapat menambah semangat terutama anak-anak muda dapat menikmatinya karena akan dibangun Rumah Pintar yang tidak hanya menyediakan buku pelajaran tetapi pengetahuan umum untuk menambah pengetahuan anak-anak akan perkembangan dunia.

'Saya tegaskan kepada semua Kepala SKPD agar jangan berefleksi saat jam kerja karena dikatakan di taman ini akan dibangun Taman Pijat Refleksi. Dan pesan saya mari kita pelihara dan jaga taman ini dengan baik,' ujarnya.

Direktur Teknik PT Asmin Bara Bronang BJ Basuki dalam sambutannya mengungkapkan, konsep yang menjadi dasar desain Taman ASKARI yaitu sebagai komitmen tanggungjawab sosial perusahaan, sebagai tempat komunikasi dan interaksi sosial, sebagai tempat sarana bermain/belajar/rekreasi/olahraga, sebagai tempat seni budaya lokal dan sebagai Landmark atau lambing sebuah kota.

Basuki menjelaskan, Taman ASKARI menyusun tema taman yang iconic dan mengangkat seni budaya lokal sebagai Ruang Terbuka Hijau yang mencerminkan keindahan dan memberikan manfaat positif salah satunya sebagai sarana edukatif, karena dalam taman tersebut perusahaan akan membuat satu bangunan Rumah Pintar sebagai wujud kepedulian terhadap minat baca dan pendidikan.

 Disamping itu, ia mengungkapkan, Rumah Pintar akan dilengkapi dengan sarana multimedia untuk mendorong pengetahuan teknologi informasi bagi generasi muda di Kabupaten Kapuas. Kemudian akan dibangun taman bermain anak dengan fasilitas bermain outdoor bagi anak-anak dan untuk melengkapi taman dibangun pula fasilitas kesehatan yaitu Jogging Track dan Taman Pijat Refleksi dari Batu Pebble.

'Harapan kami dengan dibangunannya Taman Kota ini dapat menjadi suatu aset dan Icon bagi Kabupaten Kapuas. Untuk itu kami mohon dukungan pemerintah daerah dan masyarakat Kapuas agar bersama-sama kita berperan aktif memperlancar pembangunan taman ini,' harapnya. (DJEMMY NAPOLEON/N).

Berita Terbaru