Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

60 Petugas Medis RSUD Kuala Kapuas Dilatih Padamkan Api

  • 04 September 2016 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Antisipasi, dan upaya pemadaman api bila terjadi di lingkungan RSUD dr Soemarno Sosro Admojho, Kuala Kapuas, sebanyak 60 Petugas medis dan Karyawan mendapat pelatihan menanggulangi kebenaran. Pelatihan ini penting, agar pasien tidak panik, karena tim medis lebih tenang dan percaya diri untuk memadamkan api.

"Kalau situasi di RSUD kebakaran, mereka para petugas harus lebih tenang dan percaya diri, jangan sampai membuat suasana tambah gaduh, apalagi situasinya banyak pasien rawat nginap," kata Rahmat M Noor, Sekretaris Balakar 545 Kapuas, Minggu (4/9/2016).

Pelatihan secara singkat lanjut Rahamat melibatkan instruktur dari pengurus Balakar 545 Kapuas, Sabtu (3/9/2016). Sebelum demo bagaimana caranya mengatasi kebakaran dengan skala kecil di semua ruangan, dilaksanakan semacam teori maupun masukan bagi karyawan oleh Direktur RSUD dr H Soemarno S, dr H Bawa Budi Raharja.

"Pelatihan singkat disebut untuk penanggulangan bencana kebakaran dan penetapan jalur evakuasi. Semua peserta diberikan cara penanggulangan secara dini melakukan pemadaman, sehingga tidak melebar ke tempat lain," ungkapnya

Menurut Rahmat, tujuan dari pelatihan ini untuk akreditasi kelas RSUD mencapak K3RS. Disampaikan juga, hal itu sebagai contoh saat muncul api di salah satu ruangan

Rumah sakit, petugas medis maupun karyawan rumah sakit jangan panik. Lakukan dengan baik dan percaya diri untuk meraih tabung pemadam yang terdapat di semua ruangan atau sudut ruma sakit.

Materi diberikan oleh Balakar 545 Kapuas mengenai pengenalan jenis alat pemadam kebakaran alat pemadam api ringan (APAR)."Kami melatih mereka tentang penggunaan tabung pemadam yang ada di rumah sakit, yang mana mereka juga dilatih melakukan pemadaman secara dini pada saat api mulai muncul dengan skala kecil,"kata Rahmat.

Pantauan di lapangan, media yang digunakan munculnya api, seperti karung yang disiram bensin dengan dimasukkan ke dalam potongan drum bekas. Pada saat karung dibakar, maka muncul kepulas asap hitam dengan cahaya api yang cukup besar.

Di sini digambarkan seolah-olah terjadi kebakaran di salah satu ruangan rumah sakit. Maka diperlihatkan dengan cepat petugas rumah sakit mengambil tabung pemadam mini dan langsung dilakukan pemadaman. Dalam pelatihan diberikan cara membuka tombol alat atau tabung pemadam dengan cepat. Pelatihan ini mendapat respon yang luar biasa dari peserta. (DJEMMY NAPOLEON/N).

Berita Terbaru