Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesawaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Kapuas Terus Genjot Cetak Kartu KIA

  • 23 September 2016 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas terus melakukan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA). Sebab Kabupaten Kapuas merupakan salah satu dari dua kabupaten di Kalimantan Tengah yang dipercaya menjadi percontohan untuk pembuatan KIA.

Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Kapuas, melalui Sekretarisnya Agus Danang mengatakan, untuk pembuatan kartu KIA sampai kini terus dikebut sehingga tak ada lagi anak yang tidak terlayani.

"Kita sampai saat ini terus genjot penyelesaian cetak kartu identitas anak agar ke depan pelayanan terhadap anak tidak terabaikan."kata Agus Danang Sekertaris Disdukcapil  saat di temui Borneonews, Kamis (22/9/2016).

Untuk melakukan pencetakan, lanjut Agus mantan Camat Kecamatan Basarang, dalam sehari bisa tercetak 50=100 keping KIA.

Agus Danang mengakui ada sedikit kendala saat memproses KIA yakni melakukan edit foto.

"Misalkan dalam satu foto diedit 2-3 menit, maka kalau dalam sehari foto yang diedit ada 20 foto, maka berapa menit waktu yang terpakai hanya mengedit foto,"ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini KIA yang sudah terdaftar berjumlah 66 ribu dan yang siap diproses berjumlah 128 ribu yang merupakan target awal.

"Untuk anak-anak di bawah umur lima tahun kurang satu minggu tidak menggunakan foto. Kemudian bagi bagi anak-anak di atas lima tahun diwajibkan memakai foto," terang Agus Danang.

Ditanya kapan meluncuran maupun penyerahan Kartu KIA kepada masyarakat, Agus menyebutkan belum tahu karena tinggal menunggu perintah dari Bupati Kapuas.

Pantauan di lantai dua, Kantor Disdukcapil Kabupaten Kapuas, beberapa ASN tampak melakukan pencetakan Kartu KIA di ruang khusus. Pencetakan dilakukan juga pada hari libur, seperti Sabtu dan Minggu. Ini dilakukan agan penyelesaian pencetakan Kartu KIA selesai lebih awal. (DJEMMY NAPOLEON/m)

Berita Terbaru