Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Lamandau Telah Memiliki Dokter Bedah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 26 September 2016 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Lamandau telah memiliki dokter bedah. Dalam sepekan terakhir, dinas kesehatan (Dinkes) Lamandau bekerjasama dengan pihak RSUD melaksanakan kunjungan ke berbagai kecamatan untuk memberikan pelayanan dengan sistem jemput bola.

Pihak Dinkes sengaja membawa dokter spesialis bedah, dengan tujuan memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat mengingat selama ini banyak masyarakat di berbagai daerah masih jarang tersentuh pelayanan, khususnya untuk penderita penyakit yang harus dilayani oleh dokter bedah.

"Dalam rangka pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara langsung, khususnya kasus yang berhubungan dengan penyakit bedah, kami sengaja membawa dokter spesialis bedah," ungkap Kepala seksi promosi kesehatan dan pelayanan medik (Kasie Promkes dan Yandik) Dinkes Lamandau, Purwanto, Minggu (25/9/2016).

Menurut Purwanto, pelayanan kesehatan bedah yang diberikan dalam rangka kunjungan ke setiap puskesmas tersebut, antara lain adalah untuk penyakit tumor jinak, tahi lalat yang mengganggu, ganglion, kista dan lain-lain. "Operasi bedah yang kami lakukan gratis, dan jika ada tindakan lebih lanjut kami sarankan untuk ke RSUD," bebernya.

Selama kunjungan ke puskesmas, pihaknya telah mendapat pengaduan 14 kasus. Dimana, 7 diantaranya telah dilakukan operasi di RS'D Lamandau. Purwanto juga menyebutkan, yang terakhir pihaknya dengan dokter bedah RSUD telah melakukan pelayanan di kecamatan Delang, tepatnya pada Jumat (23/9/2016).

Pelayanan dengan sistem jemput bola yang telah dilaksanakan tersebut, juga sekaligus sebagai salahsatu upaya sosialisasi kepada masyarakat berkaitan dengan telah adanya dokter bedah di RSUD Lamandau. Sehingga, sambungnya, jika mendapatkan keluhan penyakit yang memerlukan sentuhan dari ahli bedah, kini tidak akan lagi dirujuk ke daerah lain. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru