Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Bentuk Satgas Penanganan Karhutla

  • Oleh Norhasanah
  • 26 September 2016 - 16:27 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Pemerintah Kabupaten Sukamara akan membentuk satgas dan posko untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), yang selama ini belum terpusat sehingga menyulitkan dalam penanganan kebakaran. Dengan begitu diharapkan penanganan bencana karhutla dianggap bakal lebih terpadu, dan berhasil guna.

Kepala Kesbangpol Linmas Sukamara, Iman Wiyono mengatakan, rapat beberapa waktu lalu selain menindaklanjuti Surat keputusan Bupati Sukamara nomor 188.45/235/2016 tentang status siaga darurat bencana kebakaran hutan, lahan dan kebun di wilayah Sukamara juga dilakukan pembentukan satgas dan posko.

'Dalam rapat itu juga dibahas pembentukan satgas serta posko untuk karhutla, bagaimana nantinya satgas ini bisa bersinergi dalam penangangan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Sukamara karena saat ini status Sukamara sudah berstatus siaga,' jelas Kepala Kesbangpol Linmas Sukamara, Iman Wiyono, Senin (26/9/2016).

Selain itu, posko yang akan dibentuk nanti dipusatkan di Pemadam Kebakaran (damkar) Sukamara sehingga saat Tim Satgas akan melakukan koordinasi akan mudah karena ada posko terpusat yang telah terbentuk.

'Posko di Damkar ini untuk tingkat Kabupaten dan nantinya juga akan dibantuk posko ditingkat Kecamatan hingga desa, saat terjadi kebakaran hutan dan lahan maka koordinasi akan mudah lantaran sudah adanya posko serta satgas yang langsung bertindak,' terang Imam

Sebelumnya, Perwira Penghubung Sukamara Kodim 1014 Pangkalan Bun, Mayor Inf  Bambang Wardiono mengungkapkan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sangat diperlukan dalam menangani dan penanggulangan dengan cepat jika terjadi suatu bencana.

'Seperti jika terjadi bencana banjir atau kebakaran perlu adanya BPBD dimana disana kami bisa langsung melakukan koordiansi dan tindakakn cepat,' jelas Bambang.

Menurut Bambang, setiap daerah yang memilki BPBD akan langsung menangani setiap bencana yang terjadi, dan Kabupaten Sukamara nampaknya harus segera membantuk sehingga Kn memudahkan jika ada instansi lain yang akan memberikan bantuan dapat langusung disalurkan melalui BPBD.

'Intinya ada lembaga yang khusus mengangani setiap bencaana dan tidak merepotkan jika ada lembaga atau instansi lain yang ingin memberikan bantuan tidak bingung dan bisa langsung ke BPBD,' ucap Perwira Penghubung Sukamara Kodim 1014 Pangkalan Bun. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru