Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Melalui Tim Nusantara Sehat Diharapkan Kualitas Kesehatan di Gunung Mas Meningkat

  • 27 September 2016 - 13:52 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Wakil Bupati Gunung Mas (Gumas) Rony Karlos menghadiri acara penandatanganan nota kesepahaman  antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan pemerintah daerah tentang komitmen penempatan tim nusantara sehat angkatan kedua dan ketiga tahun 2016. Acara yang dilaksanakan di Marcure Convention Centre Ancol, Jakarta, 25-28 September 2016 itu, dihadiri Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek.

'Dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif  untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Gunung Mas,' ujar Rony Karlos kepada wartawan melalui sambungan telepon, Senin (26/9/2016) siang.  

Menurut dia, penandatanganan nota kesepahaman  antara Kementrian Kesehatan dengan pemerintah daerah kabupaten. Merupakan upaya dari pemerintah pusat melalui Kemenkes untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama di daerah bermasalah kesehatan (DBK), yang merupakan implementasi dari program Indonesia sehat yang meliputi tiga komponen.

'Yakni mewujudkan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional,' terang dia.

Rony melanjutkan, dalam mendukung program nusantara sehat aka nada penempatan tenaga kesehatan berbasis. Sehingga akan terwujud program Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yakni masyarakat yang sehat menjadi tambah sehat dan masyarakat yang sakit menjadi sehat.

'Program kesehatan di Kabupaten Gunung Mas cukup baik. Terutama dengan adanya program pemerintah pusat yang ditindakalnjuti oleh pemerintah daerah sejak 2015, menganai basno (biang air besar sembarangan nol). Hasilnya di Kecamatan Manuhing 90-100% berhasil dan minggu kemarin kita deklarasikan di Kecamatan Kurun dan kita berharap bisa berhasil,' ucap dia.

Rony meminta kepada masyarakat Gumas untuk menindaklanjuti program-program kesehatan di daerah ini. Terlebih pada 3 Oktober 2016, akan ada kunjungan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan Menteri Koordinator Pengembangan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani ke Kabupaten Gumas.

'Kita juga mengharapkan kepada petugas kesehatan didaerah ini untuk terus mensosialisasikan pola hidup sehat kepada masyarakat, supaya masyarakat lebih mengerti dan paham terkait kesehatan. Pemerintah Kabupaten Gunung Mas juga sangat serius meningkatkan kualitas kesehatan di Kabupaten Gunung Mas,' pungkasnya. (EPRA SENTOSA/N).

Berita Terbaru