Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Baru Disambut Pedang Pora dan Ritual Adat

  • 27 September 2016 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berbeda seperti hari biasa, suasana di Mapolres Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa (14/4/2015) sekitar pukul 08.30 WIB tampak meriah. 

Di pintu gerbang Mapolres Kobar juga terlihat pintu Kotamara yang biasanya digunakan dalam prosesi penyambutan tamu agung.

Barisan perwira Polres Kobar juga telah bersiap untuk menyambut sesuatu. Rupanya hari itu digelar prosesi pisah sambut Kapolres Kobar yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Heska Wahyu Widodo kepada pejabat baru AKBP Pria Premos.

Sesaat setelah kedatangan kapolres baru ke halaman Mapolres Kobar, segera disambut dengan prosesi tarian tradisional dan atraksi pencak silat serta upacara adat penyambutan tamu dari Kesultanan Kotawaringin.

Pemimpin prosesi ritual, Pangeran Muasjidinsyah mengungkapkan, rangkaian ritual yang digelar merupakan sambutan kepada pejabat baru, termasuk prosesi Kotab Boras Bosi (gigit mandau).

Dalam ritual, lanjut pria yang karib disapa Ama Pangeran itu, disampaikan harapan masyarakat Kotawaringin Barat akan seorang pemimpinan yang bijak. "Semoga Kabupaten Kobar tetap kondusif," harapnya.

Selanjutnya kapolres baru kembali harus melewati Pedang Pora khas Polri. Tradisi ini lumrah dalam pergantian pejabat di TNI dan Polri. AKBP Pria Premos berjalan melintasi pedang yang dilintangkan dengan iringan puisi dan taburan bunga dari anggota Bhayangkari.

Wakapolres Kobar Kompol Dhovan Oktavianto menerangkan, sebelum pindah ke Polres Kobar, AKBP Pria Premos menjabat sebagai Kapolres Gunung Mas. "Kapolres lama, AKBP Heska Wahyu Widodo akan melanjutkan tugasnya di Polda Kalimantan Selatan," tandasnya. (FAHRUDDIN/m)

Berita Terbaru