Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapuas Siap Terapkan Sekolah Berbasis Literasi

  • 27 September 2016 - 10:26 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Kabupaten Kapuas siap menerapkan sekolah berbasis literasi. Untuk meningkatkan kualitas guru serta sekolah berbasis literasi, Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas melalui Bidang Pendidikan Menengah dan Pendidikan luar biasa meningkatkan mutu kompetensi tenaga pendidik ke Yogyakarta.

"Kami melakukan peningkatan kompetensi tenaga pendidik baik itu guru, kepala sekolah dan pengawas ke Yogyakarta karena mutu pendidikan berbasis literasi (berkarakter) sudah berhasil." kata Minarso, Kabid Pendidikan Menengah dan Pendidikan Luar Biasa, Senin (26/9/2016).

Menurut Minarso, ada 8 guru 5 dari SMA, 3 dari SMK, yang mengikuti kegiatan itu. Sedangkan kepala sekolah ada 5 orang, 3 dari SMA dan 2 dari SMK. Guru dan Kepala sekolah ini sudah memenuhi syarat dan ketentuan berdasarkan penilaian.

"Kepsek dan guru yang di tunjuk untuk ke Yogyakarta ini sudah masuk kriteria, baik itu kinerja, keterlibatan dalam Ujian Nasional (UN) serta ikut dalam penyusunan soal UN," ungkapnya.

Menurut Minarso, pihaknya melibatkan guru bukan saja di perkotaan tetapi ada 3 guru dari hulu Kapuas yaitu dari SMA 1 Kecamatan Timpah guru ekonomi,Kepala Sekolah SMK 1 Kecamatan Pasak Telawang dan Kepala sekolah  SMK 1 Kecamatan Kapuas Hulu.Sedangkan Sisanya guru yang berada di daerah pasang surut SMA dan SMK.

"Ini memang sekaligus pendapatan pendidikan kurikulum 2013 dan kepsek harus bisa menerapkan menejeman sekolah yang baik serta menyususn Rancangan Anggaran Pendidikan Berbasis Sekolah(RAPBS) dan guru harus menyiapkan perangkat pembelajaran,metode serta mengetahui dampak di lapangan terkait penerapan pendidikan berkarakter."tutur Minarso.

Ia berharap dengan pembelajaran di Jogjakarta tersebut mutu serta kompetensi guru baik kepala sekolah serta pendidik bisa menginplentasi di sekolah masing-masing.Karena nantinya seluruh sekolah akan mengarah kepada pendidikan berkarakter baik itu baik itu seni budaya dengan pemanfaatan kearifan lokal,Adiwiyata,tata boga, busana, multimedia, otomotif dan administrasi. ada pendidikan Seni Budaya, Disiplin dan Nasionalisme dan semua sudah di pelajari sana untuk diterapkan natinya di Kapuas.

"Nanti sekolah-sekolah ini akan menjadi sekolah rujukan misalnya untuk Sekolah Adiwiyata ada SMAN 2 Selat,Administrasi SMAN 1 Selat dan SMKN 1 Multimedia dan Otomotif dan natinya sekolah di Kapuas sudah memiliki karakternya sendiri," katanya. (DJEMMY NAPOLEON/N).

Berita Terbaru