Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Unsur Pimpinan Tidak Hadir Rapat Paripurna Hasil Reses Batal Digelar

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 September 2016 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Gara-gara unsur pimpinan tidak satupun hadir, rapat paripurna DPRD Katingan dengan agenda penyampaian hasil reses batal digelar, Selasa (27/9/2016). Seyogiyanya sesuai agenda dan juga surat undangan yang disebar paripurna dilaksanakan pukul 09.00 WIB.

Menurut pantauan Borneonews, sejumlah anggota DPRD sebenarnya sudah bersiap mengikuti rapat paripurna ini. Mereka bahkan sudah membubuhkan tandatangan pada lembar absensi sekretariat dewan. Tercatat ada 9 anggota yang hadir, yakni Supriyadi, Yanel, Eterlie, dan Akhter Rapet. Kemudian Enardo, Wiwik Aurola, Sugianto dan Wiwin Susanto serta M Efendi.

Sementara dari pihak eksekutif tampak hadir Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Alyono, Staf Ahli, Supardi Edal, Sekretaris Disdukcapil, Ganti Yatman, Kabag Umum Setda Katingan, Imanuel termasuk Camat Katingan Hilir dan sejumlah pejabat daerah itu. Ada pula sejumlah tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Namun hingga sejam kemudian rapat paripurna diinformasikan batal digelar. Pasalnya hingga satu jam lamanya tiga pimpinan dewan, masing-masing Ketua DPRD Katingan, Ignatius Mantir L Nussa, Wakil Ketua I Endang Susilawatie dan Wakil Ketua II Alfujiansyah tidak juga menampakkan batang hidungnya.

Batalnya paripurna ini membuat sejumlah anggota DPRD yang kemarin hadir tampak kecewa. Salah satunya adalah Sugianto anggota dewan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Saya pribadi sangat menyayangkan karena dari tiga orang unsur pimpinannya tidak ada yang hadir," sebut Sugianto.

Padahal, katanya agenda rapat paipurna ini sudah terjadwal melalui Banmus (badan musyawarah) DPRD setempat. 

"Setidaknya satu orang pimpinan lah bisa hadir, tapi ini ketiga-tiganya tidak datang, sehingga kalau tidak ada unsur pimpinan otomatis paripurna tidak bisa dilaksanakan," katanya.

Menurut Sugianto paripurna dengan agenda penyampaian hasil reses anggota dewan ini dinilai sangat penting.

Pasalnya penyampaian hasil reses ini adalah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat dimasing-masing daerah pemilihan (dapil).

"Yang saya sayangkan adalah kenapa tidak ada satupun unsur pimpinan yang hadir. Ini karena reses kemarin sudah banyak mengeluarkan biaya, namun saat mau dirapatkan ternyata tidak jadi, sehingga agenda berikutnya juga berubah. Saya berharap hal ini tidak lagi terjadi kedepannya," tegasnya. 

Sementara itu saat dikonfirmasi Sekretaris DPRD Katingan GH Edward Dody mengaku jika tiga unsur pimpinan dewan saat itu memang sedang berada di luar daerah.

Menurutnya, untuk Ketua DPRD Ignatius Mantir L Nussa disaat bersamaan tengah berada di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk menjenguk orang tuanya.

Kemudian Wakil Ketua II Endang Susilawatie saat yang bersamaan menghadiri kegiatan P2WKSS di Desa Tewang Rangkang Kecamatan Tewang Sanggalang Garing. Sementara untuk Wakil Ketua II Alfujiansyah tengah berada di Jakarta untuk urusan partai.

"Jadi bahasanya bukan batal, sebab rapat paripurna dengan agenda penyampaian hasil reses ini akan diagendakan kembali melalui Banmus, dan yang pas ini hanya ditunda saja," sebut Dody panggilan akrabnya. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru