Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Instruksikan ASN Jangan Membangkang

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 27 September 2016 - 18:48 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Marukan mengintruksikan aparatur sipil negara (ASN) jangan coba-coba membangkang terhadap perintahnya. Kalau ada yang bandel, tidak menutup kemungkinan Bupati memberikan sanksi keras. Marukan tidak ingin ASN lalai dan kerja asal-asalan. Terlebih, ke depan ada beberapa SKPD yang kewenangannya ditarik oleh pemerintahan pusat ataupun provinsi.

"Jangan mentang-mentang organisasinya nanti tidak lagi berada di bawah kekuasaan pemerintah daerah terus kalian berleha-leha, sok'-sok'an atau membangkang kepada perintah saya. Ingat!, kewenangan instansinya bisa saja tidak lagi di bawah Pemkab Lamandau, tapi SDM (pegawainya) masih tetap SDM Lamandau, artinya masih di bawah kewenangan saya," tutur Bupati Lamandau, Marukan di tengah suasana yang mendadak hening, kala itu, di sela-sela rapat pembahasan peraturan pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, di Aula Setda Lamandau, Selasa (27/9/2016).

Di hadapan sejumlah kepala SKPD itu, Marukan juga mengatakan, jika seiring perubahan ststus organisasi (khususnya yang kewenangannya ditarik provinsi/pusat) nanti kemudian dibarengi ada perubahan perilaku pegawai ke arah yang membangkang, dirinya tidak akan segan-segan untuk melakukan penerapan sanksi mulai dari pergeseran posisi hingga paling keras adalah pemecatan dari PNS.

Hal tersebut ditegaskan Marukan demi menjaga program kerja pemerintah daerah Lamandau dari stagnasi atau kemunduran pembangunan. Mengingat beberapa tahun kedepan ini pemerintah daerah sedang berupaya untuk mengejar menyelesaikan program pembangunan yang telah dicanangkan sebelumnya.

"Saya tidak ingin program yang pemkab canangkan gagal atau tidak dapat diselesaikan, sehingga jangan sampai ada upaya-upaya pembangkangan, ikuti perintah saya, jangan berreaksi atau bergerak selama tidak saya perintahkan, kerja saja seperti biasanya," tukasnya. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru