Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Wacanakan Bangun Kantor DPRD, Polres dan Kodim Berdekatan

  • Oleh Rafiuddin
  • 27 September 2016 - 18:42 WIB

BORNEONEWS, Kotim - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mewacanakan membangun kantor baru Polres Kotim, Dandim 1015 Sampit dan kantor DPRD Kotim berdekatan. Tiga kantor itu direncanakan dibangun di lokasi berdekatan yakni di dekat Bundaran Balanga kilometer 3,5 Jalan Jenderal Sudirman Sampit.

'Rencananya di sekitar Bundaran Balanga itu nanti akan ada Kantor Polres, Kodim 1015 Sampit dan Kantor DPRD. Masing-masing 100 meter ke jalur Sudirman arah kota, Sudirman arah Pangkalan Bun, dan Sudirman arah Selatan dan Utara,' kata Bupati Kotawaringin Timur, Supian Hadi, di Sampit, Selasa (27/9/2016).

Supian Hadi menegaskan, untuk merealisasikan rencana tersebut, Pemkab Kotim tidak akan mengeluarkan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) untuk umum di kawasan tersebut karena akan digunakan untuk membangun fasilitas pemerintah.

Wacana pembangunan Kantor DPRD Kotim Polres dan Kodim 1015 Sampit ini sebagai upaya untuk menunjang kinerja tiga instansi tersebut. Guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dan memudahkan dalam berkoordinasi.

Untuk itu Supian Hadi akan mengupayakan bantuan untuk pembangunan kantor baru yang lebih representatif terutama Kantor Polres Kotim.

'Pemkab Kotim sudah lama ingin membantu. Tapi nanti perlu studi banding dan konsultasi dengan pihak terkait supaya tidak jadi masalah,' ujarnya.

Kantor Polres Kotim saat ini berada di Jalan Jenderal Sudirman kilometer 1, tepat berseberangan dengan kantor Bupati. Meski letaknya strategis di sudut  bundaran atau di jantung kota Sampit. Namun luas lahannya relatif sempit sehingga sulit untuk dikembangkan padahal kebutuhan ruang meningkat.

Untuk pengembangan, kantor Polres membutuhkan area lebih luas, khususnya halaman yang sangat dibutuhkan untuk berbagai kegiatan para personil Polres. Selain itu, perlu penambahan ruangan dengan ukuran dan jumlah ruangan memadai untuk aktivitas personil yang semakin bertambah sesuai perkembangan.

Masalah itu juga diakui Supian sudah sudah dibicarakan dengan Ketua DPRD Kotim, Jhon Krisli. Bahkan katanya Ketua DPRD menyambut baik rencana tersebut.

Jhon Krisli yang ditanya terkait rencana itu juga sepakat, sehingga masalah ini tinggal dibahas bersama dalam pertemuan resmi untuk diputuskan.

Sementara itu, Kapolres Kotim, AKBP Hendra Wirawan sangat mengapresiasi keinginan dari bupati Kotim tersebut. Dia mengakui Polres Kotim membutuhkan tempat yang lebih representatif demi kenyamanan pelaksanaan tugas.

'Itu luar biasa, kita do'akan mudah-mudahan bisa terwujud,' ucapnya. (RAFIUDIN/N).

Berita Terbaru