Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbun Murung Raya Upayakan Perkebunan Kopi dan Kakao Berkembang di 10 Kecamatan

  • Oleh Supri Adi
  • 28 September 2016 - 17:05 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu -Dinas Perkebunan Kabupaten Murung Raya (Mura) dalam menggenjot sistem perkebunan berencana meningkatkan hasil perkebunan komoditi kopi dan kakao di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Mura.

Menurut Kepala Dinas Perkebunan Mururung Raya Ferdinand Wijaya, rencana tersebut akan dimulai dari sekarang dengan memberikan pelatihan kepada semua kelompok tani di Kabupaten Murrung Raya.

"Rencananya tahun 2017 kami akan berkeliling ke 10 kecamatan yang ada di Mura untuk memberikan pelatihan pengembangan tanaman perkebunan kopi dan kakao," ungkap Ferdinand saat menyampaikan laporan serta sambutan pada kegiatan pelatihan pengembangan kopi dan kakao tahun 2016 di lobi kantor Disbun Mura, Rabu (28/9).

Ferdinand mengatakan, pada 2016 ini pelatihan baru bisa melibatkan kelompok tani di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Murung, Tanah Siang dan Tanah Siang Selatan.

Untuk para pelatih, pihak Disbun Mura akan bekerja sama dengan pihak pusdiklat dari Kabupaten Jember yang sudah diakui kinerjanya dalam skala nasional.

"Di samping kopi dan kakao juga kita tidak melupakan produk andalan tanaman karet. Dipilihnya tamanan kopi dan kakao ini karena nilai jual keduanya cukup tinggi," katanya.

"Contohnya seperti harga jual kopi sekarang menyentuh Rp35.000 per kilogram. Tentu inu peluang yang harus diambil oleh para petani di Mura, sebab luas wilayah maupun iklim Kabupaten Mura cocok dikembangkan kedua tamanan ini," ungkap Ferdinand di hadapan para peserta maupun undangan. (SUPRI ADI/m)

Berita Terbaru