Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Keluhkan Persediaan Obat RSUD Tamiang Layang Selalu Kosong

  • Oleh Amar Iswani
  • 28 September 2016 - 16:39 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Warga Kabupaten Barito Timur (Bartim) keluhkan persediaan obat-obatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamiang Layang, karena selalu dibilang kosong ketika pasien menebus resep obat dari dokter di rumah sakit itu.

Keluhan itu disuarakan antara lain oleh Kojetah, 32, satu dari empat anak pasien janda Mini (60). Warga RT 03, Desa Janah Jari, kecamatan Awang, Bartim itu, dirawat karena menderita sakit bronchitis.

"Akibat pelayanan penyediaan obat-obat yang buruk di RSUD Tamiang Layang tersebut membuat pasien kesulitan," kata Kojetah, di Tamiang Layang, Rabu (28/9/2016).

Kojetah mengkritik RSUD Tamiang Layang yang saat ini berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), namun penyedian obat untuk penyakit yang diderita ibunya di apotek selalu kosong, Padahal daerah setiap tahun selalu ada tender pengadaan obat-obatan.

"Untuk mendapatkan obat tersebut terpaksa kami memesan obat yang telah diresepkan dokter spesialis tersebut dengan cara memesan obar keluar daerah yakni di Jakarta," akunya.

Menanggapi perihal tersebut, Ketua DPRD Bartim, Broelalano kecewa dengan pihak RSUD Tamiang Layang, karena buruknya pelayanan terhadap masyarakat.  Padahal bebernya, salama ini DPRD secara kelembagaan telah mendukung secara maksimal RSUD, baik status, fasilitas pelayanan, sarana dan prasarana pendukung lainnya.

"Semuanya itu tertuang dalam usulan oleh dinas kesehatan maupun pihak rumah sakit terkait pengadaan barang dan jasa sekaligus pengadaan obat yang telah disetujui oleh DPRD," terang ketua.

Oleh karena itu atas nama kelembagaan dirinya meminta kepada pemerintah daerah melalui dinas teknis terkait agar bisa meningkatkan pelayanan. Agar kondisi seperti ini ada penyelesaiannya. "Semua ini dilakukan agar opini negatif terhadap pelayanan RSUD Tamiang Layang berangsur membaik ke depan,"pinta Broelalano. (ASMAR ISWANI/N).

Berita Terbaru