Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ruang Lab SMP 1 Jabiren Pulang Pisau Nyaris Ambruk

  • Oleh James Donny
  • 28 September 2016 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Ruang laboratorium SMP 1 Jabiren, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah nyaris ambruk. Kondisi ini makin memperburuk wajah pendidikan di Pulang Pisau. Belum selesai persoalan bangunan SDN Lawang Uru 2 Kecamatan Banama Tingang yang memprihatinkan, kini masyarakat mengeluhkan kondisi Ruang Laboratorium SMP  1 Jabiren di Kecamatan Jabiren Raya yang nyaris ambruk.

'Kita sudah mengusulkan supaya itu dapat segera ditangani oleh pemerintah daerah dalam hal ini dinas pendidikan kabupaten Pulang Pisau, namun sepertinya tidak ada tanggapan sama sekali, dan faktanya hingga saat ini lab tersebut belum ada perbaikan sama sekali, padahal SMPN 1 Jabiren adalah sekolah percontohan,' kata Sendri warga warga Jabiren, Rabu (28/9/2016).

Meski sudah dilakukan usulan oleh masyarakat agar bangunan tersebut dilakukan perbaikan namun hingga saat ini belum ada respon dari pemerintah daerah melalui dinas pendidikan Kabupaten Pulang Pisau.

Menurutnya kondisi tersebut sudah lama. 'Sekitar empat tahunan, dan saya pada saat itu masih sebegai komite di SMP tersebut,' kata Sendri. Dia mengatakan bahwa kerusakan tersebut sudah disampaikan ke usulan dalam musrenbang hingga ke DPRD, namun belum mendapat respon. Menurutnya masalah pendidikan sebagai salah satu capaian visi dan misi pemerintah daerah kabupaten Pulang Pisau, namun jika ini tidak diperhatikan kata dia akan menjadi penilaian public terhadap pencapaian visi dan misi kepala daerah.

Hingga saat ini peralatan laboratorium harus digudangkan, karena ruang lab tersebut tidak dapat digunakan sama sekali. Kondis bangunan atap yang berlubang akan mebuat ruanga masuk air pada saat hari hujan. 'Tidak lagi digunakan karena kalau hujan, ruangannya pasti basah,' ujar Sendri.

Terkait laboratorium SMP 1 Jabiren tersebut Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo meminta dinas pendidikan untuk menginventarisir bangunan-bangunan sekolah yang harus ditangani. Terkait dengan kinerja Dinas Pendidikan kata Bupati akan menjadi evaluasi. 'Kita berharap agar semua pemangku kepentingan di lingkup Pemkab Pulang Pisau agar memiliki inovasi sesuai dengan tupksinya masing-masing, dan dinas pendidikan kita minta menginvetarisir kebutuhan apasaja yang diperlukan untuk menangani masalah tersebut, nanti kita sesuaikan,' ujarnya. (JAMES DONNY/N).

Berita Terbaru