Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Bengkayang ke Kotawaringin Barat Belajar Paten

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 29 September 2016 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Kobar - Bupati Bengkayang, Kalimantan Barat, Suryatman Gidot, berkunjung ke Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah dalam rangka studi komparasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten), Kamis (29/9/2016). Kedatangan Bupati Bengkayang bersama Istri serta rombongan yang terdiri dari 17 Camat, 2 Lurah serta SKPD yang berjumlah 80 orang menempuh perjalanan melalui jalan darat selama 16 jam. Rombongan disambut oleh Bupati Kotawaringin Barat, Bambang Purwanto.

Usai melakukan pertemuan diaula Pemkab Kobar, Bupati Bengkayang  bersama rombongan menuju ke kantor Camat Arut Selatan untuk bertukar informasi terkait Paten. Camat Arut Selatan, Rodi Iskandar dalam kesempatan tersebut langsung mempresentasikan penerapan Paten di Kecamatan Arut Selatan.

"Salah satu untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Kecamatan Arsel menerapkan ODS atau pun one day service kepada masyarakat," kata Rodi.

Selain itu, Rodi juga menjelaskan penerapan Paten terkait dengan pelayanan perizinan dan non perizinan yang ada di Kecamatan Arsel.

Bupati Bengkayang, Suryatman Gidot mengatakan, Bengkayang yang merupakan Kabupaten baru selama ini melakukan studi banding ke luar pulau, sementara Kabupaten Kotawaringin Barat seperti diketahui beberapa sektor mengalami kemajuan yang luar biasa dibandingkan dengan Bengkayang.

"Kita sebagai Kabupaten yang masih dalam satu pulau saling memberikan motivasi dan informasi sehingga kedepannya kabupaten yang ada di Kalimantan punya kemampuan administrasi yang tidak jaub berbeda," kata Suryatman singkat.

Dari 14 Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah, baru 7 Kabupaten yang sudah menerapkan program Paten di seluruh kecamatannya, dari 7 kabupaten tersebut implementasi Paten di Kobar khususnya di Arsel mendapat penilaian terbaik dan jadi rujukan studi banding bagi daerah lain. (KOKO SULISTYO/N).

Berita Terbaru