Aplikasi Pemetaan Suara & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dukung Percepatan Program Basno di Gunung Mas

  • 02 Oktober 2016 - 15:57 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Ketua DPRD Gunung Mas (Gumas), Gumer sangat mendukung program buang air besar nol (basno) di Kabupaten Gumas. Hal tersebut akan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di kabupaten bermoto bumi habangkalan penyang karuhei tatau.

'Intinya kami dari DPRD Kabupaten Gunung mas sangat mendukung program basno,' kata Gumer ketika dibincangi wartawan di ruang kerjannya, akhir pekan lalu.

Menurut Gumer, di Gumas masih cukup banyak masyarakat yang membuat jamban di sungai untuk buang air besar (BAB). Untuk itu, kata Politisi PDIP itu, kebiasaan tersebut secara perlahan harus di kurangai. Masyarakat pun bisa membuat WC dan tempat pembuangan yang layak di rumah masing-masing.

'Membuat jamban di sungai untuk tempat BAB dilakukan masyarakat sejak dulu. Disamping itu, dulu sungai juga dimanfaatkan untuk mencuci. Namun saat ini aktivitas di sungai sudah mulai berkurang dan kita harapkan masyarakat supaya tidak lagi BAB di jamban sungai,' ucap Gumer.

Menurut Gumer, untuk percepatan program basno di Kabupaten Gumas harus melibatkan peran serta dari semua pihak. Baik itu pemerintah, kalangan swasta dan masyarakat juga harus berperan aktif untuk mendukung program tersebut. Dengan harapan, dalam waktu yang tidak terlalu lama program basno bisa sukses.

'Untuk mensukseskan program basno memang tidak mudah karena harus mengubah kebiasaan masyarakat. Namun bila semua pihak bekerja sama, kita yakin program bisa berjalan seperti yang diharapkan. Mengingat di Kecamatan Manuhing program basno sudah berjalan baik. Saat ini Kecamatan Kurun kurun juga sedang berjalan dan kita harapkan bisa sukses,' cetus dia.

Anggota DPRD Gumas dua periode itu mengharapkan, kepada semua kecamatan di Gumas untuk melaksanakan program basno dan masing-masing camat, lurah dan kepala desa berkomitmen mendukung program itu. Sehingga sasaran dari program basno bisa tercapai dan Kabupaten Gumas bisa menjadi contoh bagi daerah lain.

'Yang jelas DPRD Kabupaten Gunung Mas akan mendukung suksesnya program basno di daerah ini. Mari kita bersama-sama mengajak masyarakat untuk tidak lagi menggunakan jamban di sungai untuk buang air besar,' pesannya. (EPRA SENTOSA/N).

Berita Terbaru