Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Sejumlah Acara Akan Dipusatkan di Empat Lokasi

  • Oleh Raden Aryo Wicaksono
  • 02 Oktober 2016 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -- Penyelenggaraan Festival Keraton Nusantara (FKN) X Tahun 2016 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), 9-12 Oktober mendatang, diharapkan dapat memberi kesan khusus bagi para tamu undangan yang hadir. Berbagai acara kegiatan bernuansa budaya khas keraton kesultanan atau kerajaan disiapkan menyemarakkan FKN X nanti. Seperti pawai atau kirab budaya dan prajurit keraton, pameran busana, makanan khas dan pusaka peninggalan Kesultanan Kutaringin, pagelaran tari, seminar dan lain sebagainya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kobar, Gusti Immansyah mengungkapkan, acara dan kegiatan FKN, nantinya akan dipusatkan di 4 lokasi. Yakni, di areal Istana Kuning, Stadion Sampuraga, areal lahan Eks-rumah jabatan bupati (rujab) dan Universitas Antakusuma.

Beberapa kegiatan dan acara di Istana Kuning. Salah satunya Welcome Dinner yang diselingi pertunjukkan tari tradisional khas Kutaringin, 9 Oktober. "Di welcome dinner itu ada tari-tarian yang akan dipertunjukkan. Penarinya dari lokal. Tapi koreografernya yang menyediakan pihak EO. Rencananya itu digelar di halaman Istana Kuning. Malam hari," kata Gusti Immansyah, Jumat (30/9).

Di lokasi yang sama, lanjutnya, juga akan ada pagelaran Pameran Benda Pusaka yang digelar di halaman kompleks Istana Kuning, pada 10-12 Oktober dan Gelar Busana Budaya Keraton, 11-12 Oktober mendatang. "Busana budaya khas keraton Kutaringin akan dipamerkan nanti. Untuk Pameran Benda Pusaka, apa saja yang akan dipamerkan, masih kita siapkan."

Selanjutnya, FKN X ini nanti juga akan diisi dengan pameran kuliner tradisional, pameran ekonomi kreatif dan pasar rakyat. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Aula Antakusuma, atau areal eks-Rujab Bupati, pada 10-12 Oktober. "Sebenarnya kita juga mempersilakan tamu undangan dari daerah lain, ikut serta atau memamerkan produk ekonomi kreatifnya masing-masing. Di lokasi yang sama, akan ada Gelar Kesenian Keraton juga. Itu mulai 10 Oktober, sampai 12 Oktober."

Sementara, untuk acara pembukaan FKN X tahun 2016 di Kobar ini, 10 Oktober, nantinya akan mengambil tempat di Stadion Sampuraga Pangkalan Bun. Acara pembukaan tersebut akan diisi dengan pertunjukkan tari massal. Total penari yang disiapkan dalam acara pembukaan itu diperkirakan sebanyak 200 penari. Seluruh penari tersebut berasal dari kalangan pelajar.

Acara pembukaan itu akan dilanjutkan dengan Kirab Prajurit. Semua kontingen delegasi keraton yang hadir, akan ikut serta dalam Kirab itu. "Awalnya pawai kirab ini disatukan dengan pawai Nasi Adab. Tapi terakhir dibatalkan. Jadi kirab prajurit dan pawai Nasi Adab dipisah. Kemudian untuk kegiatan seminar, 11 Oktober nanti, ada perubahan. Awalnya di SwissbelInn. Dipindah di Aula Universitas Antakusuma." (RD/*)

Berita Terbaru