Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kodim Palangka Raya Beri Wawasan Kebangsaan Mahasiswa Baru PGRI

  • Oleh Budi Yulianto
  • 02 Oktober 2016 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kodim 1016/Palangka Raya memberikan materi wawasan kebangsaan bagi mahasiswa baru Universitas PGRI Palangka Raya. Orientasi Mahasiswa Baru (Omba) kegiatan awal bagi setiap peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi. Pelaksanaan Omba juga sebagai dasar membentuk watak seorang mahasiswa baru. Berbagai materi diberikan mulai dari pengenalan lingkungan kampus hingga wawasan kebangsaan (Wasbang) dan bela negara. Seperti terlihat di Universitas PGRI Palangka Raya, Jumat (30/9/2016).

Puluhan peserta Omba mendapat ilmu tentang Wasbang dan bela negara yang disampaikan Pasi Personel Kodim 1016/Plk Kapten Inf Sulkali. Dalam kesempatan tersebut, dia menjelaskan pentingnya Wabang bagi mahasiswa baru. Sehingga kelak memahami sejarah bangsa Indonesia dan diharapkan berorientasi pada NKRI.

Ada beberapa poin yang dapat dipetik dalam wawasan kebangsaan. Pertama, rasa kebangsaan merupakan rasa atau kesadaran yang tertanam secara alami dalam diri seseorang, dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Kedua, paham kebangsaan adalah suatu pemahaman akan arti rasa cinta negara dan kesetiaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Terakhir, semangat kebangsaan merupakan suatu jiwa yang membara dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Semangat Kebangsaan juga bisa disebut nasionalisme dan nasionalisme itu sendiri merupakan rasa cinta terhadap tanah air. (BUDI YULIANTO/N).

Berita Terbaru