Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur : Kalteng Minta Rumah Sakit Pusat Kalimantan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 02 Oktober 2016 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran bakal menyambut kedatangan dua menteri yang berkunjung ke Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalteng, Senin (3/10/2016). Sugianto juga sudah menyiapkan beberapa program agar didrop ke provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai ini, salah satunya pendirian rumah sakit pusat Kalimantan.

'Pertama, kita minta rumah sakit pusat di Kalimantan ini didirikan di Kalteng. Apalagi Kalteng nanti akan diplot sebagai ibukota pemerintahan, jadi wajar agar ada persiapan untuk itu,' terang Gubernur Sugianto menjawab pertanyaan Borneonews.

Kedua, Gubernur berharap ada program dan kegiatan yang berfokus pada peningkatan rumah sakit umum daerah (RSUD) di kabupaten/kota se-Kalteng. Dengan cara ini, derajat kesehatan rakyat Kalteng akan meningkat karena terbantu fasilitas yang memadai. 'Selain dalam pidato akan kami sampaikan, juga akan coba dibicarakan saat perjalanan nanti,'.

Gubernur juga mengungkapkan, Ibu menteri akan makan  bersama obat pencegah penyakit kaki gajah yang dipimpin Menkes, bersama masyarakat untuk pencegahan penyakit tersebut.  Ia berharap, penyakit ini semakin tereleminasi di Kalteng.

Seperti diketahui, dua menteri bakal menuju Gunung Mas, yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dan Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek. Kedatangan keduanya dalam rangka pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) Nasional. 

Sebenarnya, dua menteri tersebut direncanakan tiba di Gumas pada 1 Oktober 2016. Namun kedatangan kedua menteri itu diundur 3 Oktober 2016 karena kesibukan jadwal. Meski diundur, tidak akan mengganggu seluruh kegiatan yang sudah direncanakan. 

Pencanangan Belkaga Nasional ini, akan ditandai dengan program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) kepada ribuan masyarakat sekitar Kota Kuala Kurun, yang berlangsung di Taman Kota Kuala Kurun. Di tempat ini juga direncanakan penyerahan bantuan kepada masyarakat yang diterima bupati, berupa obat-obatan termasuk kelambu.

Setelah kegiatan di taman kota, dilanjutkan peninjauan di RSUD Kuala Kurun. Kemudian, bakal berlanjut ke rujab Bupati Gumas untuk makan siang dan dialog antara Menteri PMK dan Menkes dengan para bupati/wali kota yang hadir.

Setelah itu rombongan Menteri akan menyaksikan makan obat bersama di Puskesmas Tampang Tumbang Anjir dan meninjau pembangunan WC keluarga atau MCK di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir untuk keluarga kurang mampu. (ROZIKIN/m)

Berita Terbaru