Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rekam e-KTP di Kotawaringin Barat Sudah 96,25 Persen

  • Oleh Cecep Herdi
  • 03 Oktober 2016 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) hingga akhir September 2016 sudah mencapai 96,25 persen. Atau setara  154.740 penduduk dewasa dari jumlah 171.297 penduduk dewasa yang wajib memiliki eKTP.

"Jumlah penduduk dewasa yang belum merekam e-KTP tinggal 3,75 persen lagi atau sekitar 16.557 orang dewasa," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kobar, Agus Suparji, di ruang kerjanya, Senin (3/10/2016).

Jumlah penduduk dewasa tersebut, kata Agus, diambil dari total jumlah penduduk dewasa hingga semester satu atau sampai 30 Juni 2016. "Kalau penghitungan jumlah penduduk dewasa kami kaliarkan jumlahnya persmester. Untuk bulan ini nanti jumlah berapa total penduduk dewasa yang wajib memiliki e-KTP akan keluar di smester akhir atau akhir tahun ini," kata dia.

Sementara itu pemerintah pusat menargetkan perekaman e-KTP selesai pada pertengahan 2017. Target tersebut diambil dari total jumlah penduduk dewasa hingga akhir tahun.

"Jumlah penduduk dewasa setiap bulan kan datanya bertambah, jadi untuk mengejar 100 persen itu tidak mungkin," terang Agus Suparji.

Pencapaian targetnya pun kata dia, paling tinggi di angka 96-97 persen. Hal itu terjadi karena faktor bertambahnya terus jumlah penduduk dewasa yang wajib memiliki e-KTP. "Dalam satu tahun, jumlah penambahan penduduk dewasa yang berhasil kami data itu ada sekitar dua ribu orang. Jadi penambahan persmesternya itu sekitar seribu orang di Kabupaten Kobar," jelasnya.

Penambahan penduduk dewasa tersebutlah yang bertolak belakang dengan target 100 persen. Sebab, target perekaman e-KTP sendiri diambil dari jumlah penduduk yang keluar setiap per semester atau enam bulan sekali. (CECEP HERDI/m)

Berita Terbaru