Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

LBI Tingkatkan Pengetahuan Orang Tua dalam Mengasuh Anak

  • Oleh Norhasanah
  • 04 Oktober 2016 - 16:44 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Lomba Balita Indonesia (LBI)  se-Kabupaten Sukamara yang digelar Dinas Kesehatan Sukamara, di Gedung Gawi Barinjam, Senin (3/10/2016), diharapkan meningkatkan pengetahuan orang tua dalam mengasuh anak. LBI bertujuan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita secara optimal, meningkatkan  motivasi, kesadaran serta kemandirian masyarakat dalam upaya pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita.

'Melalui ini juga dapat meberikan pengetahuan tambahan bagi orang tua bagaimana cara memperlakukan anak, supaya anak-anak kita sehat sesuai harapan kita,' kata Bupati Sukamara, Ahmad Dirman, Senin (3/10/2016).

Menurut Dirman anak yang masih dalam usia dini harus dijaga dan diperlakukan dengan baik agar tumbuh kembangnya tidak terganggu. Mengingat anak balita merupakan salah satu aset bangsa yang sangat berharga dalam menentukan kelangsungan hidup dan kejayaan bangsa dimasa mendatang. 'Anak balita juga berhak atas peluang dan dukungan untuk mewujudkan pengembangan diri dan kemampuannya.'

Bupati dua periode ini mengharapkan melalui LBI ini dapatkan peningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku  ibu balita dalam melaksanakan asuhan terhadap balita pada masa yang akan datang, mengingat peserta Lomba Balita Indonesia tingkat kabupaten ini merupakan balita terbaik yang terpilih diwilayah puskesmas masing-masing yang juga diharapkan bisa membagi informasi dan menjadi contoh bagi ibu balita lainnya.

'Saya berharap ke depan balita yang sudah diseleksi ini akan memenuhi semua kriterianya, mengingat dari peserta yang mengikuti LBI tahun ini saat dilakukan  penilaian masih ada beberapa balita yang tidak memenuhi kriteria' pintanya.

Sementara itu ketua tim juri LBI Kabupaten Sukamara, Anas Yamin mengatakan, penilaian yang dilakukan oleh juri berpatokan pada kriteria yang ditetapkan secara nasional sehingga apa yang sudah dilakukan sesuai dengan petunjuk. Dari beberapa krietria tersebut memang masih ada beberapa kekurangan yang ditemukan, dan ini sudah disampaikan kepada kepada orang tua balita agar bisa menjadi perhatian

Anas Yamin menambahkan, berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya saat mengikuti kegiatan LBI ketingkat provinsi ada beberapa permasalahan yang muncul dari balita yang mewakili Kabupaten Sukamara yakni kondisi balita yang mengalami kelelahan.

'Dengan perjalanan yang jauh maka kondisi bayi menjadi lelah dan mengganggu konsentrasi, komunikasi terlambat dan berat badan akan berpengaruh,' ungkap juri LBI Kabupaten Sukamara. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru