Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Jaminan Kesehatan di Gunung Mas Belum Optimal

  • 04 Oktober 2016 - 15:07 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Pelaksanaan program jaminan kesehatan di Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah, belum optimal. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman atau terpencil. Warga pedalaman mengeluhkan kesulitan membayar iuran jaminan kesehatan, karena keterbatasan pelayanan perbankan, dan terbatasnya kantor pos.

'Pelaksanan program jaminan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Gunung Mas telah berjalan, namun masih belum optimal,' ungkap Bupati Gumas, Arton S Dohong ketika menyampaikan sambutan pada kegiatan pencanangan bulan eliminasi penyakit kaki gajah (Belkaga) nasional, di taman Kota Kuala Kurun, Senin (3/10/2016) siang, di hadapan Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran serta para pejabat dan ribuan masyarakat yang menghadiri kegiatan tersebut.

Menurut Arton, terkait dengan program jaminan kesehatan di Gumas, teruatam bagi masyarakat di daerah pelosok, sering mengeluhkan kesulitan pembayaran iuran jaminan kesehatan. Hal itu akibat masyarakat belum memiliki akses terhadap pelayanan perbankan dan keberadaan kantor POS masih terbatas. 'Untuk itu diharapkan supaya ada terobosan dari pemerintah dan pihak terkait, supaya program jaminan kesehatan di Kabupaten Gunung Mas bisa lebih optimal.'

Bupati Arton menyampaikan, untuk ketersediaan sarana kesehatan di Kabupaten Gumas saat ini terdiri dari rumah sakit 1 unit, puskesmas perawatan 6 unit dan puskesmas non perawatan 11 unit. 'Sementara puskesmas pembantu 2 unit, polindes 45 unit dan poskesdes ada 34 unit.'

Arton melanjutkan, kusus di wilayah barat Kabupaten Gumas dibutuhkan rumah sakit yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Untuk itu, katanya, perlu ada rumah sakit pratama di wilayah Kecamatan Manuhing. Hal itu supaya mudah dijangkau oleh masyarakat yang tinggal di wilayah Barat Kabupaten Gumas.

'Keberadaan rumah sakit pratama diharapkan mampu mengakomodir pasien-pasien di wilayah Kecamatan Rungan, Rungan Barat, manuhing dan Manuhing Raya dalam rangka pemberian pelayanan kesehatan,' ucapnya. (EPRA SENTOSA/N).

Berita Terbaru