Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pilkada Katingan Digelar Juni 2018

  • Oleh Abdul Gofur
  • 05 Oktober 2016 - 14:58 WIB

BORNEONEWS, KASONGAN -- Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Katingan bakal digelar pada Juni tahun 2018 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan, Sapta Tjita saat membuka sosialisasi undang-umdang nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan walikota menjadi undang-undang di aula kantor KPU setempat, Rabu (5/10).

"Berdasarkan undang-undang tersebut pemilihan kepala daerah (Pilkada) untuk Kabupaten Katingan akan dilaksanakan bulan Juni tahun 2018 secara serentak seluruh Indonesia," tutur Sapa Tjita.

Sedangkan untuk tahapan pilkada itu sendiri, Sapta Tjita mengaku jika tahapannya mulai dilaksanakan pada bulan September 2017. 

Terkait pilkada Katingan itu sendiri, Sapta mengaku bahwa pihaknya sejauh ini telah mengajukan rincian anggaran pilkada kepada pemerintah daerah (pemda) setempat, yaitu sebesar Rp30 miliiar rupiah.

Sapta Tjita mengaku jika partisipasi pemilih di daerahnya pada pemilu sebelum-sebelumnya dinilai rendah, termasuk pilkada gubernur dan wakil gubernur yang dilaksanakan awal tahun 2016 kemarin.

"Masalah partisipasi pemilih ini masih menjadi tugas berat bagi kita semua, sebab yang menggunakan hak pilih pada Pilgub Kalteng kemarin hanya 45.49 persen. Dan kurang lebih 51 persen warga Katingan tidak menggunakan hak pilih," sebut Satpa Tjita.

Makanya pada sosialisasi kali ini pihaknya mengundang para tokoh masyarakat, para kepala sekolah, pengelola kampus atau yayasan, kepala dinas pendidikan dan pemerintah daerah.

Untuk itu ia mengajak semua pihak untuk menyukseskan pemilu maupun pilkada mendatang, sebab semua itu menjadi tanggungjawab semua sebagai warga negara.

Pihaknya, kata Sapta dalam rangka meningkatkan partisipasi.  (GP/*)

Berita Terbaru